Penerapan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Kosa kata Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak

Putri Nadhea Paradilla, Hasbi Sjamsir, Ayu Aprilia Pangestu Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan menggunakan buku cerita bergambar, perkembangan kosakata anak usia 5-6 tahun dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung pada penerapan buku cerita bergambar dalam pengembangan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 03 Tenggarong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan subjek penelitian ini 2 orang guru dan 24 anak usia 5-6 kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku cerita bergambar diterapkan pada kegiatan pembuka dalam pembelajaran, dilanjutkan kegiatan inti, dan terakhir kegiatan penutup pembelajaran. Pada perkembangan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 03 Tenggarong berada pada kriteria berkembang sangat baik, namun pada penerapannya terdapat 2 faktor penghambat dan mendapatkan faktor pendukung dari TK Negeri 03 Tenggarong.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats