Gambaran Bahasa Cinta Orang Tua dalam Mendukung Perkembangan Sosial Anak Usia Dini

Aina Yulifaatun Mufida, Raden Rachmi Diana

Abstract


Orang tua memiliki kewajiban memberikan pengasuhan yang baik dalam memberikan kasih sayang penuh kepada anak sebagai lingkungan pertama mereka tumbuh dan berkembang melalui bahasa cinta. Salah satu manfaat bahasa cinta orang tua kepada anak mampu mendorong perkembangan sosial yang merupakan modal anak beradaptasi di lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran bentuh bahasa cinta orang tua yang mampu mendorong perkembangan sosial dan faktor capaian perkembangan sosial anak usia dini. Metode dalam penelitian menggunakan kualitatif deksriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati dengan jumlah responden 7 orang tua yang mempunyai anak usia dini. Hasil dari penelitian mengungkapkan gembaran bahasa cinta dalam 5 bentuk, yaitu menggunakan kata-kata yang mengandung kasih sayang dan motivasi, memberikan layanan dalam menyiapkan kebutuhan anak sehari-hari, menghabiskan waktu berkualitas bersama dirumah maupun diluar, memberikan hadiah mainan atau makanan kesukaan dan memberikan pelukan dan ciuman pada anak. Bahasa cinta yang diberikan orang tua pada anak dapat mendukung perkembangan sosial anak karena anak akan merasa dicintai, dihargai sehingga memunculkan kepercayaan diri sebagai modal dalam perkembangan sosial anak.

Kata Kunci: Bahasa Cinta, Orang Tua, Perkembangan Sosial Anak


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Keteladanan pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2), 101–107. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.698

Fitriya, A. (2022). Penggunaan Metode Karyawisata Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Di RA Al Azhar Kabupaten Jember. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 159–180. https://doi.org/10.53515/cji.2022.3.2.159-180

Hyangsewu, P., Parhan, M., & Fu’adin, A. (2020). Islamic Parenting : Peranan Pendidikan Islam Dalam Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini Di (Pembinaan Anak-Anak Salman) Pas-ITB. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 148.

Indanah, & Yulisetyaningrum. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 10(1), 221–228.

Karim, H. A. (2018). Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Perspektif Agama Islam. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 161. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1240

Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.624

Made, I., Permana, Y., Surijah, E. A., & Trisna Aryanata, N. (n.d.). Bahasa cinta perempuan: Penelitian fenomenologik hal yang membuat istri merasa dicintai. journal.trunojoyo.ac.id, 11(1), 1–124. Diambil dari https://journal.trunojoyo.ac.id/personifikasi/article/view/7291

Manurung, K. (2021). Mencermati Arti Penting Penggunaan Bahasa Cinta Anak dalam Keluarga Kristen di Era 5.0. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(1), 53–70. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.53

Massang, B., Manoppo, F. K., & Mamonto, H. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Bahasa Cinta. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 170. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.899

Mulianah Khaironi. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Nia Nurhasanah, Mareta Wahyuni, Eko Rakhmawati, Sisilia Maryati, Maria Melita Rahardjo, Utin Ritayanti, Nindyah Rengganis, A. D. K., & Penyelaras: (2022). Panduan Penyelenggaraan PAUD Berkualitas ( Seri 1). In Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 13). Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Nurhalizah, Nurdin Salama, H. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Kebidanan, 9(1), 86–95.

Pohan, H. D., Hutahaean, E. S. H., Pertiwi, Y. W., Perdini, T. A., Psikologi, F., Bhayangkara, U., … Pusat, K. J. (2021). Physical Touch Dan Words of Affirmation Sebagai BAHASA CINTA ORANG TUA TERHADAP ANAK. Jurnal Psikologi, 14(2), 194–206.

Portal Resmi Provinsi Jawa Tengah. (2023). Dengar Cerita Anak Bunuh Diri, Ganjar Minta Forum Anak Buka Ruang Keluhan dan Konsultasi. Jawa Tengah. Diambil dari https://jatengprov.go.id/publik/dengar-cerita-anak-bunuh-diri-ganjar-minta-forum-anak-buka-ruang-keluhan-dan-konsultasi/

Putri, A. K., Pradini, S., & Haenilah, E. Y. (2022). Peran Pola Komunikasi Keluarga pada Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 55–64.

Rahayu Tresna Dewi, A., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. e-journal.hamzanwadi.ac.id, 04(1), 181–190. Diambil dari http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2233

Rahman, A., Yanuarsari, R., & Latifah, E. D. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua Yang Berpengaruh Terhadap Kepercayaan Diri Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 83–93.

Rina Bastian, Syur’aini, I. (2020). Pengaruh Sosialisasi Dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Masyarakat Desa Koto Lamo Sumatera Barat. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(1), 16–25. Diambil dari https://id.wikipedia.org/wiki/Sumatra_Barat

Saputri, P. D. (2021). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Berbasis Parenting Education di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 84–93. https://doi.org/10.23960/jpa.v7n2.23355

Septiana, D. A., & Syafrudin, U. (2022). Implementasi Pengembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17–30. https://doi.org/10.23960/jpa.v8n1.24077

Sumarni, S. A. (2022). Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 171–180. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.55121

Wijirahayu, A., Pranaji, D. K., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan Ibu-Anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 9(3), 171–182. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.171


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats