Proses Penciptaan Seni Tari Untuk Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa PIAUD

Anis Kumala Fasha, Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, Khamim Zarkasih Putro

Abstract


Pembelajaran seni tari merupakan komponen penting dari stimulasi kreativitas. Pengintegrasian seni tari ke dalam pendidikan tidak hanya bermanfaat bagi upaya pelestarian seni tari tetapi juga pendidikan secara keseluruhan. Dalam pembelajaran seni tari dalam pendidikan, penting bagi mahasiswa untuk dapat berkreasi dan mencipta dengan baik karena hal ini akan membantu mereka menjadi calon guru yang kreatif dan inovatif sebagai pendidik profesional. Karena dibutuhkan imajinasi, ide, dan konsep untuk menciptakan karya seni, kreativitas adalah kunci dari pembelajaran seni tari karena mahasiswa dituntut untuk menghasilkan karya seni tari untuk anak usia dini yang baru dan orisinil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran seni tari prodi PIAUD yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeskpresikan kreativitasnya dalam menciptakan karya tari sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dan beberapa pustaka dengan informasi yang relevan tentang pembelajaran seni tari, kreativitas, dan pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian ini yaitu Tahap dalam penciptaan karya tari untuk anak usia dini melalui empat tahap, yaitu eksplorasi, improvisasi, Evaluasi dan pembentukan.

Kata Kunci: Seni tari; Perkembangan kreativitas; Mahasiswa PIAUD; Anak usia dini

 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats