PENGARUH MUSIK MELODIS DAN RITMIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KRITIS DALAM PEMBELAJARAN STEAM ANAK USIA DINI

May Sari Lubis, Anada Leo Virganta, kamtini kamtini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan menggunakan alat musik melodis dan ritmis secara parsial berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif kritis anak usia dini; (2) kemampuan menggunakan alat musik melodis dan ritmis secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif kritis anak usia dini, dan (3) kemampuan menggunakan alat musik melodis dan ritmis berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif kritis anak usia dini. Metode penelitian menggunakan true eksperiment dengan pretest-postest control group design. Populasi penelitian adalah siswa TK/PAUD di Tanjung Morawa dan yang menjadi sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tk Negeri Pembina Tanjung Morawa dan Tk Al Mirah Tanjung Morawa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan menggunakan alat musik melodis dan ritmis secara parsial terhadap kemampuan berpikir kreatif kritis anak usia dini, terdapat pengaruh kemampuan menggunakan alat musik melodis dan ritmis secara simultanl terhadap kemampuan berpikir kreatif kritis anak usia dini, dan penggunaan alat musik melodis dan ritmis dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kreatif kritis sebesar 6,98%. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan dalam rencana pembelajaran yang menggunakan alat musik melodis dan ritmis dengan model pembelajaran STEAM untuk PAUD.

Kata Kunci : musik melodis dan ritmis, kreatif kritis, anak usia dini


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats