PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KECERDASAN INTERPESONAL ANAK USIA DINI

Siti Juleha, Raden Rachmy Diana

Abstract


Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kecerdesan Interpesonal Anak. Kecerdasan interpersonal sangat penting bagi anak dalam hal bekerjasama dengan teman sebaya, sikap anak masih membeda-bedakan teman, serta anak belum sabar dalam menunggu giliran dan belum mencerminkan sikap bertanggungjawab. Salah satu stimulus yang dapat dilakukan dengan metode yang tepat salah satunya dengan metode proyek. Tujuan  dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Seroja Dua Kecamatan Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan satu kelas yaitu kelas Pelangi. Penentuan sampel kelas dilakukan secara purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Instrumen pengumpulan data menggunakan yaitu panduan observasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pada pretest 10,7 dan pada posttest 16,3. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh Thitung > Ttabel (4,084>2,131), maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan metode proyek terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Seroja Dua Kecamatan Percut Sei Tuan. Maka disarankan bagi guru sebaiknya menggunakan metode proyek sebagai metode pembelajaran dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun.

Full Text:

PDF

References


Aditya, N. (2017). Identifikasi Indikator Kinerja Proyek Infrastruktur Jaringan Irigasi Dengan Metode Performance Prism. Prosiding Semnastek, November, 1–2. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/2034

Aghniarrahmah, C. R. H. (2017). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sains Anak Tk B di PAUD Terpadu Happy Kids ( The Effect on The Ability of Science Project Methods Kindergartner B Integrated Early Childhood Happy Kids ). Edukasi, VI, 34–37.

Hamidah, M. (2017). Meningkatkan Nilai - Nilai Karakter Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(1), 21–37.

Harahap, M. A. (2021). Pengelolaan Perkembangan Emosional Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19. 1(1), 1–9.

Istiyani, D. (2014). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, 10(1). https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351

Khadijah, D. h. (2015). media pembelajaran anak usia dini. 140.

Khulusinniyah, & Farhatin Masruroh. (2019). Optimalisasi Pengelolaan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edupedia, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i1.526

Listia, W. N. (2015). Anak sebagai makhluk sosial. Bunga Rampai Usia Emas, 1(1), 14–23.

Luvi Amrita Rahmadiani. (2018). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan sosial anak melalui metode proyek di kelompok A TK Kemala Bhayangkari 07 Bantul . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc . Taggart . P. 578–585.

M.Si, E. M., Mufarohah, L., & Alim, A. (2019). Penggunaan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 171. https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.395

Moh. Alamsyah, A. (2021). Mengembangkan Kecerdasan Multiple. Musawa, 13(1), 106–133.

Nurul Lailatul Khusuniyah. (2018). Peran Orang Tua Sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwam, 11(2), 144–149.

QUTSI, F. M., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Walisongo, N. (2018). 6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Di Ra an- Naafi ’ Mijen Kota Semarang Tahun.

Saufi, M., & Royani, M. (2016). Mengembangkan kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri siswa melalui efektivitas model pembelajaran PBL. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 106–115. https://doi.org/10.33654/math.v2i2.35

sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitaf. 330.

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Turnip, H. A., & Wijayaningsih, L. (2022). Pengembangan Dadu QR Code untuk Alternatif Pengenalan Calistung Anak Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4392–4404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2595

Umayah. (2017). Golden Age Period. Pendidikan, Jurnal Anak, Islam Dini, Usia, 2(1), 85–96.

Uyun, C. F. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Smart School Management System ( SSMS ) Di Sma Khadijah Surabaya. Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Volume 08, 145–155.

Widiasih, A. P., & Astuti, A. (2021). Analisa Metode Proyek Terhadap Kreativitas Anak Di Masa Karantina Covid 19. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 32. https://doi.org/10.31000/ceria.v13i2.4014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats