Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Mengembangkan kreativitas pada anak harus sudah mulai sejak dini, karena pada usia ini anak akan sangat mudah untuk dapat menyerap apa yang telah dilihat dan pernah dilakukan. Peran guru yang membatu dalam mengembangkan kreativitas anak berguna untuk anak agar anak dapat mengekspresikan dirinya dan juga dapat mengembangkan berbagai macam potensi kualitas yang ada pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK padu AL-Kautsar Serang Banten. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan kepada anak usia 5-6 tahun di TK padu AL-Kautsar dengan jumlah sebanyak 5 orang anak. Prosedur pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan redukasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukan bahwa perkembangan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun di TK padu AL-Kautsar sudah menunjukan perkembangan yang baik. Hal ini terlihat pada saat peran guru dalan membimbing anak, memfasilitasi anak, menginspirasi anak, memotivasi anak, dan berperan sebagao mediator yang baik bagi anak.
Full Text:
PDFReferences
Fakhriyani, D. V. (2016) ‘Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini’, Wacana Didaktika, 4(2), pp. 193–200. doi: 10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200.
Kau, M. A. (2017) ‘Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar’, Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 0(0), pp. 157–166. Available at: http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1281.
Maemunawati, S. and Alif, M. (2020) Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19, Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur.
Makdori, Y. (2020) Mendikbud: Kreativitas Anak di Indonesia Kurang Dihargai, Liputan 6. Available at: https://www.liputan6.com/news/read/4401192/mendikbud-kreativitas-anak-di-indonesia-kurang-dihargai (Accessed: 7 March 2022).
Onainor, E. R. (2019) ‘Pengertian Kualitatif dan Kuantitatif’, 1, pp. 105–112.
Ramdini, T. P. and Dr. Farida Mayar, M. P. (2019) ‘Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa Dan Kreativitas Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), pp. 936–945.
Sartika and Erni Munastiwi (2019) ‘Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta’, Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), pp. 35–50. doi: 10.14421/jga.2019.42-04.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.