ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN KONSEP MERDEKA BELAJAR (STUDI KASUS DI TK ALAM INSAN MULIA SURABAYA)
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran, merdeka belajar, anak usia dini
Full Text:
PDFReferences
REFRENSI
Chaterine, R. (2019). Kemendikbud Jelaskan Alasan di Balik Konsep Merdeka Belajar Nadiem Makarim. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-4822565/kemendikbud-jelaskan-alasan-di-balik-konsep-merdeka-belajar-nadiem-makarim
Dewantara, K. H. (1977). Bagian Pertama: Pendidikan (Cetakan Ke). Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Dewey, J. (1986). Experience and education. The Educational Forum, 50(3), 241–252.
John W. Crewell. (2018). Qualitative Inquiry Research Design. In SAGE Publications Asia-Pasific Pte. Ltd.
Lestariningrum, A., Lailiyah, N., Ridwan, R., Forijati, R., Wijaya, I. P., Wulansari, W., Iswantiningtyas, V., Utomo, H. B., Yulianto, D., & Dwiyanti, L. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini.
Magta M. (2013). Pendidikan sesuatu yang pendidikan membebaskan yang. Pendidikan Usia Dini, 7(2), 221–132.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.
Muhajir, Oktaviyanthi, R., Lida, U. M., Nasikhin, Muflihin, A., Syadzili, M. F. R., Nitasari, N., Zukana, S., Hariadi, Babang, V. M. M. F., Romadhon, S., Juwariyah, I., Ande, A., Bangun, S. Y., Maimunah, I., Martiningsih, D., Babang, M. P. I., Widanita, N., Nurdinah, … Kukuh, N. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. In Angewandte Chemie International Edition (Vol. 6, Issue 11).
Mushlih, A., Rahimah, S. P., Ma’fiyatun Insiyah, S. P., Muzdalifah, S. P., Uminar, A. N., Imami, F., Maula, I., Parapat, A., Lestari, P., & Khairunnisa, L. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD. Penerbit Mangku Bumi.
Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.
Pendidikan, M., & Teknologi, D. A. N. (2022). Menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
Pestalozzi, J. H. (1877). Wie Gertrud ihre kinder lehrt (Vol. 3). A. Pichler’s Witwe & Sohn.
Rakhmawati, N. I. S., Mardliyah, S., Fitri, R., Darni, D., & Laksono, K. (2021). Pengembangan Learning Management System (LMS) di Era Pandemi Covid-19 pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 107–118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.991
Sari, D. I. P., Indriyanti, P., & Yulianti, R. (2021). Kontribusi Creative Dance dalam Menumbuhkan Karakter Anak Merdeka. Journal.Unublitar.Ac.Id, 5(1), 35–42. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/312
Sayyidatul Ifadah, A., & Fatmawati, F. A. (2022). Peningkatan Pengetahuan Merdeka Belajar Anak Usia Dini Bagi Guru Di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Journal of Character Education Society), 5(2), 546–554. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v3i1.8268https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX
Sidiq, A. M., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak melalui Konsep Merdeka Belajar di Sanggar Anak Alam. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 146–156.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (cetakan ke-21). ALFABETA.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Prenada Media.
Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.
Usman, M. H., Tinggi, S., Islam, I., & Stiba, A. (2020). DAN ANJURAN SYARIAT DALAM MENGHADAPINYA Aswar Zulfiah Sam PENDAHULUAN Dunia hari ini sedang dilanda dengan satu petaka global , petaka mematikan dan membinasakan , merusak dan merubah tatanan kehidupan manusia . Dari negara super power sampai negara kecil. BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam, 1(2), 137–156.
Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.