ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN KONSEP MERDEKA BELAJAR (STUDI KASUS DI TK ALAM INSAN MULIA SURABAYA)

Siti Sinta Nuriyah, Nur Ika Sari Rakhmawati

Abstract


Abstrak. Analisis Penerapan Pembelajaran Dengan Konsep Merdeka Belajar.Akhir-akhir ini muncul program dari kemendikbud terkait konsep merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran dengan konsep merdeka belajar di TK SAIM Surabaya, selain itu peneliti juga ingin mengetahui kendala yang sering dialami oleh guru saat penerapan pembelajaran dengan konsep merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas TK B yang berjumlah 4 orang, peserta didik TK B yang berjumlah 37 anak, serta kepala sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah model Miles and Huberman yang meliputi tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran dengan konsep merdeka belajar yang mencakup dua indikator yaitu adanya kegiatan pembelajaran intrakulikuler dan adanya projek penguatan profil pelajar pancasila. Sedangkan kendala yang sering dialami oleh guru yaitu masih adanya pro kontra antara pihak wali murid dengan guru terkait penerapan merdeka belajar di paud.

Kata Kunci: Pembelajaran, merdeka belajar, anak usia dini


Full Text:

PDF

References


REFRENSI

Chaterine, R. (2019). Kemendikbud Jelaskan Alasan di Balik Konsep Merdeka Belajar Nadiem Makarim. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-4822565/kemendikbud-jelaskan-alasan-di-balik-konsep-merdeka-belajar-nadiem-makarim

Dewantara, K. H. (1977). Bagian Pertama: Pendidikan (Cetakan Ke). Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Dewey, J. (1986). Experience and education. The Educational Forum, 50(3), 241–252.

John W. Crewell. (2018). Qualitative Inquiry Research Design. In SAGE Publications Asia-Pasific Pte. Ltd.

Lestariningrum, A., Lailiyah, N., Ridwan, R., Forijati, R., Wijaya, I. P., Wulansari, W., Iswantiningtyas, V., Utomo, H. B., Yulianto, D., & Dwiyanti, L. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini.

Magta M. (2013). Pendidikan sesuatu yang pendidikan membebaskan yang. Pendidikan Usia Dini, 7(2), 221–132.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Muhajir, Oktaviyanthi, R., Lida, U. M., Nasikhin, Muflihin, A., Syadzili, M. F. R., Nitasari, N., Zukana, S., Hariadi, Babang, V. M. M. F., Romadhon, S., Juwariyah, I., Ande, A., Bangun, S. Y., Maimunah, I., Martiningsih, D., Babang, M. P. I., Widanita, N., Nurdinah, … Kukuh, N. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. In Angewandte Chemie International Edition (Vol. 6, Issue 11).

Mushlih, A., Rahimah, S. P., Ma’fiyatun Insiyah, S. P., Muzdalifah, S. P., Uminar, A. N., Imami, F., Maula, I., Parapat, A., Lestari, P., & Khairunnisa, L. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD. Penerbit Mangku Bumi.

Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Pendidikan, M., & Teknologi, D. A. N. (2022). Menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Pestalozzi, J. H. (1877). Wie Gertrud ihre kinder lehrt (Vol. 3). A. Pichler’s Witwe & Sohn.

Rakhmawati, N. I. S., Mardliyah, S., Fitri, R., Darni, D., & Laksono, K. (2021). Pengembangan Learning Management System (LMS) di Era Pandemi Covid-19 pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 107–118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.991

Sari, D. I. P., Indriyanti, P., & Yulianti, R. (2021). Kontribusi Creative Dance dalam Menumbuhkan Karakter Anak Merdeka. Journal.Unublitar.Ac.Id, 5(1), 35–42. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/312

Sayyidatul Ifadah, A., & Fatmawati, F. A. (2022). Peningkatan Pengetahuan Merdeka Belajar Anak Usia Dini Bagi Guru Di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Journal of Character Education Society), 5(2), 546–554. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v3i1.8268https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX

Sidiq, A. M., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak melalui Konsep Merdeka Belajar di Sanggar Anak Alam. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 146–156.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (cetakan ke-21). ALFABETA.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Prenada Media.

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Usman, M. H., Tinggi, S., Islam, I., & Stiba, A. (2020). DAN ANJURAN SYARIAT DALAM MENGHADAPINYA Aswar Zulfiah Sam PENDAHULUAN Dunia hari ini sedang dilanda dengan satu petaka global , petaka mematikan dan membinasakan , merusak dan merubah tatanan kehidupan manusia . Dari negara super power sampai negara kecil. BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam, 1(2), 137–156.

Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats