Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Ratna Nila Puspitasari

Abstract


This study aims to see the effect of the material center learning model on the cognitive development of group B. The fact he shows that 9 of 11 children have not been able to classify objects , memgurutkan objects , said the lambing , using lambing numbers in counting , and matching the number .This research uses quantitative research with a pre-experimental approach. The data analysis technique used to determine the test data of this research is to use quantitative data analysis using the t-test difference test for one sample pre-test and post-test. The subject of this study number 11 children. Testing the hypothesis using the Wilcoxon test for non-parametric statistics. The results of this study indicate that the value obtained by Ttable with a level of 5% obtained a value of 10. In accordance with the proposed hypothesis and based on the data obtained, Tcount is less than Ttable (3<10) so that in this study the working hypothesis (Ha) is accepted which states that the central learning model has a significant effect on the cognitive development of group B children.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran sentra bahan alam terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa 9 dari 11 anak belum mampu mengklasifikasikan benda, mengurutkan benda, menyebutkan lambing bilangan, menggunakan lambing bilangan dalam menghitung, dan mencocokan bilangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui uji data penelitian ini adalah menggunakan analisis data kuantitatif menggunakan uji beda t-test untuk one sample pre-test and post-test. Subjek penelitian ini sejumlah 11 anak. Pengujian hipotesisnya menggunakan test (uji) Wilcoxon untuk statistika non-parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh T Tabel dengan taraf 5% didapat nilai sebesar 10. Sesuai dengan hipotesis yang diajukan dan berdasarkan dengan data yang didapatkan maka T Hitung kurang dari T Tabel (3< 10) sehingga pada penelitian ini hipotesis kerja (Ha) diterima yang menyatakan bahwa model pembelajaran sentra berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B.

 

Kata Kunci: Sentra Bahan Alam, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v8n1.24204


Full Text:

PDF

References


Cook, T. D. (1979). Quasi-experimentation: Design & analysis issues for field settings (Vol. 351). Boston: Houghton Mifflin.

Haenilah, E. Y. (2015). Kurikulum dan pembelajaran PAUD . Yogyakarta: Media Akademi.

Hurlock, E. B. (1978). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Luluk, A. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. . Bandung: Rosada.

Machali, I. (2016 ). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Mursidi. (2017). pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuryani. (2012). Kumpulan Materi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Roudhotul Athfal Istiglal.

Samad, F. &. (Implementasi Metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam Upaya Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Khalifah Kota Ternate). 2016. Ternate: Universitas Khairun Ternate.

Siregar, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif : Dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Susanto, A. (2011). erkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Bintang PustakaAbadi.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats