Implementasi Pengembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengembangan moral anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Azhar 49 Bandar Lampung dengan fokus penelitian (1) Program Pengembangan; (2) Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pengembangan Moral; (3) Evaluasi Pembelajaran dalam Pengembangan Moral. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Sumber data: Kepala Sekolah, Guru dan Anak. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Hubberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: Program pengembangan, terdapat berbagai program-program yang direncanakan baik bersifat rutinan maupun bersifat insidental yang dapat mendukung pengembangan moral anak. Pelaksanaan pembelajaran, guru mengembangkan moral anak dengan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menggunakan metode dan model yang sesuai. Evaluasi pembelajaran, guru mengevaluasi pembelajaran dengan cara dan alat evaluasi yang tepat.
Kata Kunci: Anak usia dini, guru, moral.
Full Text:
PDFReferences
Alfan, Muhammad. 2011. Etika Islam. Pustaka Setia. Bandung.
Al-Qur’an al-Karim. 2016. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Departemen Agama RI. Maktabah Al Fatih Rasyid Media. Jakarta Timur.
Antara. 2018. Guru Dianiaya Siswa karena Runtuhnya Moral (Online). Dalam Republika www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/p3mk3z428. diakses pada 7 November 2019.
Anggarini, Wardah. 2018. Pengembangan Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. OSF Preprints.
Arif, Mahmud. 1999. Konsep Pendidikan Moral : Telaah Terhadap Pemikiral Al-Mawardi (Tesis). Pascasarjana IAIN Yogyakarta. Yogyakarta.
Bersihhanor. 2014. Strategi dan Pendekatan dalam Pendidikan. Jurnal Adabiyah, Volume XIV Nomor 2 (2014).
Harahap, Syahrin. 2005. Penegakan Moral Akademik di Dalam dan di Luar Kampus. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Hurlock, Elizabeth. B. 2013. Perkembangan Anak (Alih Bahasa Dr. Med. Meitasari Tjandrasa dan Dra. Muslichah Zarkasih). Bumi Aksara. Jakarta.
Ibung, Dian. 2009. Mengembangkan Nilai Moral pada Anak. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Inawati, Asti. 2017. Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 3 (2017).
Iqbal, M. Abu. 2013 Konsep Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Madiun : Jaya Star Nine.
Irsyad. M. 2019. Alangkah Bijaknya Nabi ﷺ Mendidik Anak. Semesta Hikmah Publishing. Yogyakarta.
Iskarim, Mochamad. 2016. Dekadensi Moral di Kalangan Pelajara (Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa. Jurnal Edukasia Islamika Volume 1 Nomor 1 (2016).
Junaedi, Ahmad. 2017. Konsep Pendidikan Menurut Luqmanul Hakim dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani Volume 2 Nomor 1 (2017).
Koesoema, A. Doni. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo. Jakarta.
Lickona, Thomas. 2013. Mendidik Untuk Membentuk Karakter (Alih bahasa Juma Abdu Wamaunge). Bumi Aksara. Jakarta.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
Nugraha, Ali. (2010). Evaluasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini (skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Peraturan Pemerintah No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Prasetio, H. Imam. 2017. Penanaman Moral Anak Melalui Kisah-Kisah Teladan dalam Pembelajaran Akhlak Pada Siswa (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Robby, A. Dimas. 2017. Perbandingan Konsep Pendidikan Moral menurut Pemikiran Emile Durkheim Dan Al-Ghazali serta Relevansinya dengan Pendidikan Moral di Indonesia (Tesis). Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya.
Romdlon, Nur. 2017. Kasus Aksi Buruk Remaja pada Orang Tua Bukti Krisis Moral (Online). Dalam M.Brilio.Net. https://www.google.com/amp/s/m.brilio.net/amp/duh/4-kasus-aksi-buruk-remaja-pada-orang-tua-ini-viral-bukti-krisis-moral-1703024.html. diakses pada 7 November 2019.
Sanulingga, P. Setia. 2016. Teori Pendidikan Moral menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak di Indonesia. Jurnal Filsafat Volume 26 Nomor 2 (2016).
Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Bumi Aksara. Jakarta.
Sriwuulandari, D. Desi. Dkk. 2016. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Pembentukan Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Infantia Volume 4 Nomor 2 (2016)
Sujarwo. 2010. Mendidik: Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Volume 14 Nomor 1 (2010).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Evaluasi. Alfabeta. Bandung.
Sujiono, N. Yuliani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks. Jakarta Barat.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Tentang Tujuan Pendidikan.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Yusuf, LN. Syamsu. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT Remaja. Bandung.
Yuliana, Lia. 2013. Penanaman nilai moral pada anak usia dini. Jurnal ilmiah WUNY Volume XV Nomor 1.
Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Bumi Aksara. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.