Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
Abstract
The Effect of Gadgets on Early Childhood Cognitive Development. The purpose of the study was to determine the effect of using gadgets on the cognitive development of early childhood in Teluk Pulai Raya Village, Tanjung Jabung Barat Regency. This study uses quantitative research methods, with a One-Shot Case Study research design. The data collection techniques in this study were observation and questionnaires, the population in this study was children aged 5-6 years in RT 5. Data collection techniques used parametric analysis. Based on the calculation results, the average value is 25 and the standard deviation is 40.22. Then from these results, a hypothesis test (t test) was carried out using a parametric one sample test. Based on the results of the analysis carried out, the results obtained t = 3.76. This value is greater than the value of t_table with a significant level of 5% or = 3.76 = 2.20. This means that there is a significant effect of using gadgets on the cognitive development of early childhood in Teluk Pulai Raya Village, Tanjung Jabung Barat Regency
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Desa Teluk Pulai Raya Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan kuesioner, populasi dalam penelitian ini sebanyak 12 orang anak usia 5-6 tahun. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 12 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis parametrik. Berdasarkan hasil perhitungan didapat nilai rata-rata 25 dan standar deviasinya 40,22. Kemudian dari hasil tersebut dilakukan uji hipotesis (uji t) menggunakan uji satu sampel parametrik. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh hasil t = 3,76 . Nilai ini lebih besar dari nilai dengan taraf signifikan 5% atau = 3,76 > = 2,20. Artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunaan gadget terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Desa Teluk Pulai Raya Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Keywords: Gadget, Perkembangan Kognitif, anak usia dini
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v8n1.24067
Full Text:
PDFReferences
Anditiasari, N., & Dewi, N. R. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, Volume 6 N, 97-108.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Filtri, H., & Al Khudri Sembiring. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No, 169–178.
Hidayati, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Panca Mukti Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. IAIN Bengkulu.
Karim, M. B. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo, 1(2), 103–113.
Kasumayanti, E., & Elina, Y. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 186–197. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179
Khadijah. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
Khaironi, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Jurnal Golden Age, 4(02), 261–266. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2272
Khoiruzzadi, M., & Fajriya, N. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau Dari Pemikiran Jean Piaget Dan Vygotsky). Jurnal Madaniyah, Volume 11, 1–14.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS, 6(1), 58–66. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jpls/article/view/3205
Mukarromah, T. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Dusun Setia Bumi Kecamatan Seputih Banyak. In Skripsi. institut agama islam negeri metro.
Nainggolan Alon Mandimpu, & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Psychology : Humanity, Volume 2, 31–47.
Nazilatul Mifroh. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik. Jurnal Pendidikan Tematik, Vol. 1, No, 253–263.
Nurhasanah, Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). PerkembanganSosial Anak Usia Dini,. 4(02), 91–102.
Nuryati, & Darsinah. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, Vol 3, No, 154–162.
Oktaviana, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Perspektif Hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 145–153. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12544
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D).
Suryansyah. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Internet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170
Ujang Khiyarusoleh. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget. Dialektika, VOL. 5 NO., 1–10.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.