Pentingnya Kelekatan Ibu Membangun Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5 – 6 Tahun
Abstract
The problem in this study is the attitude of children who show that they are still concerned with their own interests. The study aims to analyze the relationship between maternal attahment and social emotional intellegence of children aged 5 – 6 years. This research uses quantitative research with corelational method. The research sample was taken using a random sampling technique or a random technique as many as 130 respondens in Kindergarten (TK) Kalianda District, Lampung Province. Analysis of the data used is product moment coreelation. The results showed a correlation of 0,762 which means that there is a strong relationship between attachment to the mother and the emotional social intelligence of children aged 5 – 6 years.
Masalah dalam penelitian ini yaitu sikap anak yang menunjukkan masih mementingkan dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis hubungan kelekatan antara kelekatan ibu dengan kecerdasan sosial emosional anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling atau teknik acak sebanyak 130 responden di Taman Kanak – kanak (TK) Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angke. Analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi Product Moment. Hasil Penelitian menunjukkan adanya korelasi sebesar 0,762 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara kelekatan ibu dengan kecerdasan sosial emosional anak usia 5 – 6 tahun.
Kata Kunci: Anak usia dini, kelekatan ibu, kecerdasan sosial emosional.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v8n1.23743
Full Text:
PDFReferences
Abror, Rahman. 1993. Psikologi Pendidikan. Tiara Wacana Yogya, Yogyakarta.
Anggraini, Emmanuel. 2016. Hubungan Kelekatan dengan Kecerdasan Emosi dan Penyesuaian Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogik.
Ali dan Moh. A. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara, Jakarta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Bandung.
_______ 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Arikunto, S. 2013. Manajemen. Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta
Belsky. 1988. Infancy, Childhood and adollescene. Clinical Implication of Attachment, Lawrence Erlbaum Associate.
Ervika, Eka. 2005. Kelekatan (Attachment) Pada Anak. (Online). Tersedia di: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/3487/1/psikologieka%20ervika.pdf. (diunduh 11 Februari 2012).
Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif :Teori dan Praktik. Bumi Aksara, Jakarta.
Goleman, D. 2007. Emotional intelligence. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Hadisa dan Putri. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kecerdasan Emosional Anak terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Hermasanti, W. K. 2009. Hubungan Antara Pola Kelekatan Dengan Kecerdasan Emosi Pada Remaja Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar. (Skripsi). Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta.
La Jeti. 2018. Stimulation Of Social Emotional Development In Early Childhood Education. Journal International of Education.
Moss and Lecompte. 2015. Attachment and Socioemotional Problemsin Middle Childhood. Journal International.
Nora dan Oktia. 2015. Pengaruh Kelekatan dan Harga Diri terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini.
Pardade, Supenna, dan Rozi. 2017. Hubungan Kelekatan Orangtua dan Regulasi Diri dengan Kemampuan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Robert A, Baron Byrne. 2006. Social Psychology. Jakarta, Erlangga.
Sujiono, Y.N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta.
Sukmadinata, N.S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sugiyono. 2015] Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana, Jakarta.
Sutrisno, H. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Akuntansi dan Keuangan. Ekonisia, Yogyakarta.
Wijrahayu, Kristinatuti, dan Muflikhati. 2016. Kelekatan Ibu-anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmiah Keluarga
Wiyani, Novan Ardy. 2014. Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. AR-RUZZ MEDIA, Yogyakarta.
Yamin, M. dan Sanan, J. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Gaung Persada, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.