Stimulasi Perkembangan Seni Musik dalam Kegiatan Bernyanyi Anak Usia (5-6) Tahun di TK Negeri Pembina Kota Prabumulih
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang stimulasi dari perkembangan seni musik dalam kegiatan bernyanyi di TK Negeri Pembina Kota Prabumulih. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data yang telah diperoleh, penyajian data dalam bentuk deskripsi dan mengambil kesimpulan. Penelitian ini dengan dua subjek penelitian yaitu 2 guru kelas Kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Prabumulih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulasi seni musik dalam kegiatan bernyanyi yang diberikan oleh guru untuk anak usia 5-6 tahun adalah guru memberikan contoh secara berkelompok, guru memberikan kesempatan kepada anak, guru menstimulasi dengan gerak dan lagu, dan guru mendengarkan lagu kepada anak.
Kata kunci : stimulasi, bernyanyi, kelompok B
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v8n1.23660
Full Text:
PDFReferences
Almanda, H. H. (2020). Pendidikan Seni Musik Sebagai Implementasi Konsep Merdeka Belajar. 27–32.
Andita, D. C. D. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MUSIK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK SEKOLAH. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(3), 205–209.
Arofah, H. U., & Miftahillah. (2019). PENGARUH STRATEGI GERAK DAN LAGU TERHADAP KECERDASAN MUSIKALITAS ANAK DI RA WALI SANTRI CURAH JARAK KRATON PASURUAN. The 3rd Annual International Conference on Islamic Education (AICIEd), 352–360.
Azimah, N. A., & Utomo, U. U. (2018). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Lagu-Lagu Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Seni Musik, 7(1), 25–33. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm/article/view/24335
Dewi, E. K. (2017). Pemampaatan Lagu-lagu Populer dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. 2(2), 18–25.
Djuwita, W. (2018). Urgensi Bermain Sebagai Stimulasi Perkembangan Otak dan Solusi Mengatasi Kekerasan (Child Abuse) dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Qawwam, 12(1), 40–60. https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.750
Hodijah, S., & Kurniawati, L. (2021). Teachers’ Understanding on Music for Early Childhood. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538(Icece 2020), 159–162. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.034
Krisdayanti, Y. (2020). Pengembangan Seni Musik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Drum Band dan Angklungdi TK Nakita Insan Mulia Purwokerto (IAIN Purwokerto). IAIN Purwokerto.
Melinda, V., & Suwardi, S. (2021). Upaya Guru Menanamkan Kemandirian Anak Dalam Pembelajaran Di Sentra Seni. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(2), 75. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.596
Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2020). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1313–1324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849
Ndari, S. S. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak usia Dini. Penerbit Edu.
Ndeot, F., Jaya, R. P., & Bali, N. E. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Selama Masa Pandemi Covid 19. 1(2), 1–8.
Novianti, R. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Keterampilan Berbiacara Anak Usia 4-5 Tahun. 335. http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/
Prasetya, Y., Chulwah, D., Mubarokah, N., & Iswantiningtyas, V. (2017). PENGARUH BERMAIN SIANIDA (SUARA, IRAMA, DAN NADA) TERHADAP KECERDASAN MUSIK ANAK USIA DINI. JURNAL INDRIA Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal, 7255(2), 56–67.
Raharjo, I. B., & Yulianto, D. (2020). Pengelolaan Aktivitas Ekstrakurikuler Seni Musik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 127–138. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.15218
Saadah, N. S. S. (2020). Stimulasi Perkembangan Oleh Ibu Melalui Bermain dan Rekreasi Pada Anak Usia Dini. Scopindo Media Pustaka.
Sakre, T. (2020). STIMULASI SENI DALAM MERANGSANG LIMA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GEDRIK. 5(29).
Samsudin, M. A., Bakar, K. A., & Noor, N. M. (2019). The Benefits of Music and Movement in Early Mathematics. Creative Education, 10(12), 3071–3081. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012231
Saputo, H., Fazrin, I., & Yalestyarini, E. A. (2020). The Correlation Between Stimulation , Nutritional Status and Child Development. Jurnal Ners, 15(2), 96–100.
Septiani, W. E., & Yeni, I. (2021). Stimulasi lagu dalam pengembangan seni anak usia dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 96–106.
Sinaga, S. S., Susanto, S., Ganap, V., & Rohidi, T. R. (2018). Musical Activity in The Music Learning Process Through Children Songs in Primary School Level. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 18(1), 45–51. https://doi.org/10.15294/harmonia.v18i1.12508
Sihombing, B. L. (2017). SUATU PENDEKATAN STRATEGI DAN METODE PENDIDIKAN SENI MELALUI KEGIATAN BERNYANYI SEBAGAI ASPEK - ASPEK PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI. 63–74.
Sugianto, D. (2020). Stimulating Toodler’s Intellegence by using Music and Art Activities. https://doi.org/10.4108/eai.2-11-2019.2294722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.