Stimulasi Perkembangan Seni Musik dalam Kegiatan Bernyanyi Anak Usia (5-6) Tahun di TK Negeri Pembina Kota Prabumulih

Grace Ananda Lestari, Sri Sumarni

Abstract


This research is aimed at describe the stimulation of development of the art music in singing activity at the Pembina Prabumulih State Kindergarten. These research used a qualitative descriptive type of research. Data collection techniques are interviews, observation, and documentation. For data analysis used data analysis from Miles and Huberman, namely data collection, data reduction that have been obtained, data presentation in the form of descriptions and drawing conclusions. This research used two research subjects, which are 2 teachers from class B at the Pembina Prabumulih State Kindergarten. The results shows that the stimulation of the art music in singing activity provided by the teacher for children aged 5-6 years are the teacher giving examples in groups, providing opportunities for the children, stimulating with motion and song, and listening to the song to the children.

 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang stimulasi dari perkembangan seni musik dalam kegiatan bernyanyi di TK Negeri Pembina Kota Prabumulih. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data yang telah diperoleh, penyajian data dalam bentuk deskripsi dan mengambil kesimpulan. Penelitian ini dengan dua subjek penelitian yaitu 2 guru kelas Kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Prabumulih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulasi seni musik dalam kegiatan bernyanyi yang diberikan oleh guru untuk anak usia 5-6 tahun adalah guru memberikan contoh secara berkelompok, guru memberikan kesempatan kepada anak, guru menstimulasi dengan gerak dan lagu, dan guru mendengarkan lagu kepada anak.

 Kata kunci : stimulasi, bernyanyi, kelompok B

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v8n1.23660



Full Text:

PDF

References


Almanda, H. H. (2020). Pendidikan Seni Musik Sebagai Implementasi Konsep Merdeka Belajar. 27–32.

Andita, D. C. D. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MUSIK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK SEKOLAH. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(3), 205–209.

Arofah, H. U., & Miftahillah. (2019). PENGARUH STRATEGI GERAK DAN LAGU TERHADAP KECERDASAN MUSIKALITAS ANAK DI RA WALI SANTRI CURAH JARAK KRATON PASURUAN. The 3rd Annual International Conference on Islamic Education (AICIEd), 352–360.

Azimah, N. A., & Utomo, U. U. (2018). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Lagu-Lagu Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Seni Musik, 7(1), 25–33. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm/article/view/24335

Dewi, E. K. (2017). Pemampaatan Lagu-lagu Populer dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. 2(2), 18–25.

Djuwita, W. (2018). Urgensi Bermain Sebagai Stimulasi Perkembangan Otak dan Solusi Mengatasi Kekerasan (Child Abuse) dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Qawwam, 12(1), 40–60. https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.750

Hodijah, S., & Kurniawati, L. (2021). Teachers’ Understanding on Music for Early Childhood. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538(Icece 2020), 159–162. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.034

Krisdayanti, Y. (2020). Pengembangan Seni Musik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Drum Band dan Angklungdi TK Nakita Insan Mulia Purwokerto (IAIN Purwokerto). IAIN Purwokerto.

Melinda, V., & Suwardi, S. (2021). Upaya Guru Menanamkan Kemandirian Anak Dalam Pembelajaran Di Sentra Seni. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(2), 75. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.596

Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2020). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1313–1324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849

Ndari, S. S. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak usia Dini. Penerbit Edu.

Ndeot, F., Jaya, R. P., & Bali, N. E. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Selama Masa Pandemi Covid 19. 1(2), 1–8.

Novianti, R. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Keterampilan Berbiacara Anak Usia 4-5 Tahun. 335. http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/

Prasetya, Y., Chulwah, D., Mubarokah, N., & Iswantiningtyas, V. (2017). PENGARUH BERMAIN SIANIDA (SUARA, IRAMA, DAN NADA) TERHADAP KECERDASAN MUSIK ANAK USIA DINI. JURNAL INDRIA Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal, 7255(2), 56–67.

Raharjo, I. B., & Yulianto, D. (2020). Pengelolaan Aktivitas Ekstrakurikuler Seni Musik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 127–138. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.15218

Saadah, N. S. S. (2020). Stimulasi Perkembangan Oleh Ibu Melalui Bermain dan Rekreasi Pada Anak Usia Dini. Scopindo Media Pustaka.

Sakre, T. (2020). STIMULASI SENI DALAM MERANGSANG LIMA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GEDRIK. 5(29).

Samsudin, M. A., Bakar, K. A., & Noor, N. M. (2019). The Benefits of Music and Movement in Early Mathematics. Creative Education, 10(12), 3071–3081. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012231

Saputo, H., Fazrin, I., & Yalestyarini, E. A. (2020). The Correlation Between Stimulation , Nutritional Status and Child Development. Jurnal Ners, 15(2), 96–100.

Septiani, W. E., & Yeni, I. (2021). Stimulasi lagu dalam pengembangan seni anak usia dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 96–106.

Sinaga, S. S., Susanto, S., Ganap, V., & Rohidi, T. R. (2018). Musical Activity in The Music Learning Process Through Children Songs in Primary School Level. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 18(1), 45–51. https://doi.org/10.15294/harmonia.v18i1.12508

Sihombing, B. L. (2017). SUATU PENDEKATAN STRATEGI DAN METODE PENDIDIKAN SENI MELALUI KEGIATAN BERNYANYI SEBAGAI ASPEK - ASPEK PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI. 63–74.

Sugianto, D. (2020). Stimulating Toodler’s Intellegence by using Music and Art Activities. https://doi.org/10.4108/eai.2-11-2019.2294722


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats