Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Berbasis Parenting Education di Era Pandemi Covid-19
Abstract
Adanya masa pandemi covid-19 yang dapat mempengaruhi perkembangan anak usia dini, tentunya dapat berpengaruh terhadap kecerdasan atau kemampuan seorang anak didalam berkreasi di berbagai kegiatan.Hal yang paling mendasar bagi perkembangan anak ialah berkembangnya fisik yang dimilikinya, baiknya perkembangan fisik yang dimiliki oleh seorang anak akan sangat memungkinkan bagi dirinnya untuk meningkatkan serta mengembangkan keterampilan fisiknya serta didalam melakukan pengeksplorasian dengan lingkungannya mereka tidak harus menunggu bantuan-bantuan dari orang lainPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan fisik motorik dalam pembelajaran anak usia dini melalui parenting, faktor yang mendukung dan menghambat tumbuh kembang fisik motorik anak usia dini. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dari data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD Asyiyah Bustanul Athfal Sidomulyo. Objek dari penelitian ini adalah perkembangan fisik motorik anak. Proses pengembangan fisik motorik anak sangat di pengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal anak, baik lingkungan keluarga, masyarakat, dan lingkungan lembaga PAUD itu sendiri. PAUD merupakan salah satu lembaga tempat anak di bimbing sehingga diharapkan dapat memberikan peran yang baik terhadap peningkatan perkembangan fisik motorik bagi anak usia dini. Perkembangan fisik motorik anak usia dini di masa pandemi covid sangat rendah, hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya anak sudah terlalu lama tidak bertemu dengan teman-teman sehingga kegiatan yang dapat membantu perkembangan fisik motorik anak tidak berjalan sebagaimana mestinya. Peneliti mengambil langkah melakukan penelitian dengan metode kualitatif, adapun hasil yang didapat sebesar 81,78% dengan kriteria berkembang sangat baik.
Kata Kunci: Perkembangan, Fisik Motorik, Parenting Education
Full Text:
PDFReferences
Erica, D. (2013). Penerapan Parenting Pada Perkembangan Anak Usia Dini Menurut Sudut Pandang Islam. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2020). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1313–1324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849
Pratiwi, F. (2021). Gambaran Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. 7(1), 9–17.
Setiani, A., Aliyah, Nugrihentine, & Mariam, R. S. (2019). Implementasi Program Parenting Dalam Membangun Komunikasi Pengasuhan Anak Usia Dini. Jurnal Kehumasan, 1(2), 191–197.
Winarti, A. (2020). , Vol. II, No.2 September 2020. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, II(2), 131–145.
Yahya Putra, A. (2020). Strategi Pembelajaran Motorik Kasar pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 159–166. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-03
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.