PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DAN PERKEMBANGAN BAHASA AUD PASCA MASA PANDEMI
Abstract
Masa pandemic merupakan masa yang dapat mempengeruhi perkembangan anak usia dini, selama pandemic anak mengalami keterbatasan dalam berbagai kegiatan, diantaranya bermain sambil belajar di PAUD yang mengakibatkan perkembangan social emosional dan perkembangan bahasa anak menurun. Kemampuan berbicara merupakan kemampuan yang didapat secara alamiah, tetapi berbicara secara formal memerlukan proses latihan dan pengarahan yang insentif dan dapat dilatih melalui kegiatan selama kegiatan bermain di PAUD AIZA. Permasalahan dalam perkembangan bahasa anak mempengaruhi perkembangan social emosial anak. Perkembangan sosial emosional anak merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus dicapai anak usia dini. Kematangan sosial emosi anak dapat terlihat sejauh mana anak dapat diterima secara baik dilingkungan sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan social emosional dan bahasa anak usia dini pasca masa pandemic. Melalui metode penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan perkembangan social emosional dan perkembangan bahasa anak. Perkembangan sosial emosional dan bahasa anak usia dini pasca masa pandemic sangat rendah, hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya anak sudah terlalu lama tidak bertemu dengan teman-teman sehingga kegiatan yang dapat membantu perkembangan social emosional dan bahasa anak tidak berjalan sebagaimana mestinya. Peneliti mengambil langkah melakukan penelitian dengan metode tindakan kelas, adapun hasil yang didapat sebesar 80,89% dengan kriteria berkembang sangat baik.
Kata Kunci: Perkembangan, Sosial Emosional, Bahasa
Full Text:
PDFReferences
Kuryati 2009.Hubungan Asuhan Orang Tua Dengan Kecerdasaan Emosional Anak. Tesis BP PPS UPI. Bandung: .
Chodijah, 2009 Sri Ratna. Perbedaan Keterampilan Sosial Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Tesis BP PPS UPI Bandung:
Geloma, Daniel.2010. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,
Henry Guntur Tarigan. 2011. Pengajaran Kosa kata. Bandung. Angkasa.
Imam, Musbikin. 2016. Buku Pintar Paud. Jakarta. Laksana
Nurgraha Ali & Yeni Rachmawati 2012.Metode Pengembangan Sosial Emosional, Jakarta: UT
Mayke, S.Tejasaputra. (2011). Bermain Dan Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Sujiono, 2010 Yuliani Nurani.Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasaan. Jakarta:PT Indeks
Rizki Ananda, 2018Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif Pada Anak KB Universitas Pahlawan
Sukmadinata 2010 metode penelitian pendidikan. Bandung PT Remaja Rosdakarya
Yusuf,.2011.Psikologi Perkembang Anak dan Remaja, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.