Gambaran Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19

Feti Pratiwi

Abstract


The Covid-19 pandemic has an impact on the education sector. The Ministry of Education issued a policy for students to study from home. Online learning protects students from exposure to viruses. However, other impacts will affect student development, especially at PAUD level. Several things related to early childhood development that parents and educators need to pay attention during online learning, namely aspects of the development of religious and moral values, physical-motor, cognitive, language, socio-emotional, and art. The purpose of this study is to describe the development of early childhood in online learning. Through literature study techniques, it is found that online learning affects children's development were some aspects of development have decreased. The level of decline is quite large, namely in the physical-motor and socio-emotional aspects. This is because, early childhood spend more time at home. Fewer opportunities to interact with friends at school or outside the home environment.

Pandemi covid-19 berdampak pada sektor pendidikan. Kementrian Pendidikan mengeluarkan kebijakan agar siswa belajar dari rumah. Pembelajaran daring melindungi siswa dari paparan virus. Namun, ada dampak lain yang akan mempengaruhi perkembangan siswa, khususnya pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Beberapa hal terkait perkembangan anak usia dini yang perlu diperhatikan orang tua dan pendidik selama pembelajaran daring yaitu aspek perkembangan nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosi, serta seni. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perkembangan anak usia dini dalam pembelajaran daring. Melalui teknik studi literatur, didapatkan hasil bahwa pembelajaran daring mempengaruhi perkembangan anak dimana sebagian aspek perkembangan mengalami penurunan. Tingkat penurunan yang cukup besar yaitu dalam aspek fisik-motorik dan sosio-emosional anak. Hal ini karena selama masa pandemi, anak usia dini lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Kesempatan untuk berinteraksi dengan teman-teman di sekolah atau di lingkungan luar rumah menjadi berkurang.

 Kata kunci: perkembangan  anak usia dini, pembelajaran daring


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22282


Full Text:

PDF

References


Direktorat Paud Kemdikbud. (2020). Bermain Bahasa di Rumah dalam Melaksanakan Belajar dari Rumah. Retrieved from https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/images/upload/images/2020/12_buku_BDR/Bermain_ ahasa_di_Rumah.pdf_20april20.pdf.

Erikson, Erik. 2010. Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fauziah, Ismi., dkk. (2020). Analisis Gangguan Psikososial Dan Emosional Aud Di Ra Nurul Iman Medan Belawan Selama Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Kumara Cendikia, 8(3).

Ismawati, P., Maulida, S., & Maysaroh, Umi. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak di RA Nurul Hikmah Ketemas Dungus Puri Mojokerto. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1),20-33.

Kemendikbud. 2020b. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. 2020b.

Kemendikbud. 2020c. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan. Kemendikbud. 2020d. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Kurniawati. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di PAUD Zakiah Akbar Kota Bengkulu (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Indonesia.

Kusuma, W.S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosiona Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2),1635-1643.doi:10.31004/obsesi.v5i2.940.

Maula, T.M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Keterampilan Interpersonal Anak Usia Dini, Studi Korelasi pada TK di Wilayah Bandung (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia. Indonesia.

Payne, V. Gregory., & Isaacs, Larry D. (2012). Human Motor Development: A Lifespan Approach, 8th Edition. New York: McGraw-Hill.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Santrock, J. W. (2014). Child Development. New York: McGraw Hill Education.

Santrock, J. W. (2002). Child Development. New York: McGraw Hill Education.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452-462. doi:10.31004/obsesi.v5il.626.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats