Hubungan Bermain Peran Mikro dengan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Anak Usia 5-6 Tahun di RA Ma'arif 1 Metro
Abstract
The problem in this research was the children ability to communicate verbally has not developed as expected. This study aimed to determine the relationship between micro role playing and children oral communication ability. The research method used quantitative research with correlational methods. The sample were 30 children with total sampling design. Data was collected by using observation method. The results showed that there was a relationship between micro role playing and children oral communication ability with correlation of 0.79912. Therefore, playing a micro role can be used as an alternative play to stimulate the children oral communication skills.
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam berkomunikasi lisan belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bermain peran mikro dengan kemampuan berkomunikasi lisan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Sampel yang digunakan berjumlah 30 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara bermain peran mikro dengan kemampuan berkomunikasi lisan anak usia dini dengan korelasi 0,79912. Oleh sebab itu bermain peran mikro bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif kegiatan bermain guna menstimulasi kemampuan berkomunikasi lisan anak usia dini.
Kata kunci: anak usia dini, berkomunikasi lisan, bermain peran mikro.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Choiriyah, S. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TKIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal FKIP UNS. 2:1-7.
Erlinda, E. P. 2015. Hubungan Kegiatan Bermain Peran Mikro Dengan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kartika II-26 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak. 1:1-12.
Faizah, U. & Simatupang, N. D. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Metode Bermain Peran Mikro Pada Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai. 5:118-121.
Musfiroh, T. 2005. Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Nurani. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT. Indeks: Jakarta.
Nurbiana, Badudu & Bromley. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka, Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas: Jakarta.
Purwanto, N. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Y. O. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Bermain Peran Mikro. Jurnal Potensia. 2:63-70.
Undang-Undang Republik Indonesia N0.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Eka Jaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.