Pengaruh Kegiatan Bermain Origami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Keywords: early childhood, fine motor skills, origami playing activities
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun belum sesuai dengan tahap perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain origami terhadap kemampuan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 45 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan motorik halus anak meningkat sebesar 23,00% setelah menggunakan kegiatan bermain origami selama tiga hari berturut-turtut. Hal itu menunjukan bahwa ada pengaruh dari penggunaan kegiatan bermain origami terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Dengan demikian guru diharapkan menggunakan kegiatan bermain origami sebagai media untuk menstimulasi kemampuan motorik halus anak usia dini.
Kata kunci: anak usia dini, motorik halus, kegiatan bermain origami
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dehghan, L, et al. 2017. The Relationship Between Fine Motor Skills and Social Development and Maturation. International Journal of Medical Sciences, Tehran, Iran. Vol. 15 No. 4. https://doi.org/10.29252/NRIP.IRJ.15.4.407. Diakses pada 09 Oktober 2018.
Haenilah, Een Y. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Media Akademia, Yogyakarta.
Kusumastuti, Rully. 2014. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Dini Melalui Kegiatan Origami Pada Anak Kelompok A Rodhotul Atfal Al-Ikhlas Semarang Barat. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/22798/1/1601911005.pdf. Diakases pada 08 Oktober 2018.
Muncarno. 2016. Statistik
Pendidikan. Arthawarna
(Hamim Group), Lampung.
Oguz, Aysegul. 2016. An Instructional Method Suggestion : Conveying Stories Through Origami (Storigami). Journal of Education and Training Studies. Vol. 4 No. 8. http://jets.redfame.com. di akses pada 21 Mei 2019.
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak SD. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, Jakarta
------------. 2006. Pengembangan
Kreativitas Seni Rupa Anak
TK. Indeks, Jakarta.
Sutrisno, Hadi. 2006. Statistik Jilid 2.
Universitas Negeri Malang, Yogyakarta.
Tedjasaputra, Mayke, S. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Gramedia, Jakarta.
Wuryani. 2008. Perkembangan Anak
jilid 1:18. Erlangga, Jakarta.
Zurroh, Irmatuz. 2012. Efektifitas Pemberian Keterampilan Kolse Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Jari-jari Tangan Anak Tuna Grahita Ringan di SLB Siswa Budhi Surabaya. (Skripsi). IAIN Sunan Ampel. Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/17208/5/Bab%202.pdf. Diakases pada 21 Desember 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.