Permainan Tradisional Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak di PAUD Cahaya Kartini Bandar Lampung

devrizal dev, Riswanti Rini, Nia Fatmawati

Abstract


The problem in this study was the children's undeveloped find other word motoric skills. This research aimed to determine the corelation between traditional game and children’s motoric skill aged 5-6 years old. The sample in this research was 30 children with total sampling method. Data were collected by observation and documentation. The data was analyzed by using product moment correlation. The results showed that there was a significant relationship between traditional game and children's gross motoric skill of 0.778.

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar pada anak usia dini yang belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan permainan tradisional dengan kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun. Sampel yang digunakan adalah 30 anak dengan menggunakan metode total sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah analisis korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara permainan tradisional dengan kemampuan motorik kasar anak sebesar 0.778.

Kata Kunci: anak usia dini, motorik kasar, permainan tradisional


References


Abdullah, et all. 2013. The Impact of Traditional Games on the Gross Motor Skil Development of an Early Childhood. Medwell Journals. 8:590-595.

Apriani, D. 2013. Penerapan Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Kelompok B RA Al Hidayah 2 Tarik Rejo. Jurnal Paud Teratai. 2:1-13.

Asmawi, et all. 2017. Effect of Traditional Games, Learning Motivation And Learning Style On Childhoods Gross Motor Skills. International Journal of Education and Research. 5:53-66.

Darmayanti, A., & Putranti, R. 2016. Pembelajaran Matematika dalam Permainan Tradisional Engklek Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 2:253–260.

Dharmamulya, S. 2018. Permainan Tradisional Java. Yogyakarta: Kepelpress.

Hasanah, U. 2016. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. 2:114-134.

Jufri, A. W. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Nurhayati, R. 2017. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Engklek Gunung Pada Anak Kelompok B TK PKK Minggiran Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1:65-76.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Purwanto, N. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmawati. 2009. Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 3-4 Tahun. Bandung: Sandrata Sukses.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Grup.

Setyo, A. 2009. Permainan Tradisional. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono. 2007. Pengertian Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indek.

Sukamti, E. R. 2007. Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY.

Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia N0.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Eka Jaya.

Wiyani, A. 2014. Psikologi Perkembangan AUD. Yogyakarta: Gava Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats