Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun

Nur Asiah, Ari Sofia, Sugiana Sugiana

Abstract


The problem in this reseach is the  habit using  gadget will have a negative impact on social interaction development to child 5- 6 years old. The purpose of this research was to find relationship between using  gadget to social interaction is 5-6 years old. This study following  a quantitative analysis  approach, this study employed correlation analysis. Population on this study is parents who have child 5-6 years old in the Penengahan village. Techniques sampling by use of simple random sampling. This study have 160 participate. Analysis data using correlation sperman rank model. This study explain that there are correlation between using gadget to  social interaction is 5-6 years old.

Masalah dalam penelitian ini adalah kebiasaan menggunakan gadget akan memberikan dampak negatif terhadap perkembangan interaksi sosial pada anak usia 5-6 tahun.  Adapun tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui  hubungan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Desa Penengahan. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 responden. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi sperman rank. Hasil penelitian ini  menyatakan  bahwa terdapat hubungan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci: anak usia dini, gadget, interaksi sosial


References


Dayakisni., Hudaniah. 2009. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Maulida, H. 2013. Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Profesi. 2(5): 73-77.

Muhith, A. 2018. Aplikasi Komunikasi Terapeutik Nursing Health. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Noorshahiha. 2016. The Level Of Tolerance Sanctioning Children Using Gagdets By Parents Lead To Nomophobia. Internasional Jurnal Art And Science. 9(2): 519-529.

Novitasari, W., Khotimah, N. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai. 5(3): 1-4.

Nurmalitasari, F. 2015. Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Buletin Psikologi. 23(2): 103-111.

Olivia, P., Sofia, A., Fatmawati, N. 2019. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Perkembangan Interaksi Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak. 5(2) :1-10.

Regina, S.H., Muntaha. 2014. Hubungan Interaksi Sosial Teman Sebaya Dengan Prilaku Sosial Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. 103(1): 1-10.

Simamora. 2016. Persepsi Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar. Jurnal Kultur Demokrasi. 6(4): 1-16.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhana, M. 2018. Influence Of Gadget Usage On Children’s Social-Emosional Development. Jurnal Advance In Social Science,EducationAnd Humanities Research (ASSEHR). 169(46):224-227.

Triastutik, Y. 2018. Hubungan Bermain Gadget Dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan. 3(2):1-8.

Wendi. 2015. Young School Children’s Use Of Digital Devices And Parental Rules. Jurnal Telematicsl And Informatics. 32(1):787–795.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats