Hubungan Pola Asuh Otoritatif Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun

Siti Rohimah, Ari Sofia, Susanthi Pradini

Abstract


The problem in this research was the lack of autonomy of children aged 5-6 years old. The objectives of this research is to determine the relationship of authoritative parenting to early child’s autonomy (5-6 years old) in village  Sukamarga by using quantitative methods with correlation data analysis. The sample in this research amounted to 51 parents who had children aged 5-6 years old in village  Sukamarga by using purposive random sampling technique. Data collection in this study was conducted by authoritative parenting questionares and child’s autonomy questionares. The data was  proceed by spearman rank correlation techniques and showed that there was a very close relationship between authoritative parenting to the autonomy of children aged 5-6 years old.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemandirian anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh otoritatif terhadap  kemandirian anak usia 5-6 tahun di Pekon Sukamarga dengan  menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 orang tua yang mempunyai anak usia 5-6 tahun di pekon Sukamarga, dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner pola asuh otoritatif dan koesioner kemandirian anak. Hasil penelitian menggunaka teknik korelasi spearman rank menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara pola asuh otoritatif terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun.

Kata Kunci : anak usia dini, kemandirian anak, pola asuh otoritatif.

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bokko, D. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah Di Kelurahan Pantan Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 3(1):381-396.

Cahniyo. 2016. Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 1(2):20-34.

Ebi, S. 2017. Golden Age Parenting Memaksimalkan Potensi Anak Di Usia Emas. Yogyakarta: PT Anak Hebat Indonesia.

Haeriah, B. 2018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Kelompok B Taman Kanak - Kanak PGRI Gerunung. Jurnal Ilmiah Mandala Education. 4(1):184-188.

Jahja, Y. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Komala. 2015. Mengenal dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua dan Guru. Jurnal Tunas Siliwangi. 1(1): 31-45.

Muhadi. 2015. Hubungan Pola Asuh DemokratisTerhadap Kemandirian Anak di Taman Kanak-Kanak El- Hija Tambak Sari Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam. 4(1):43-44.

Musyarofah. 2017. Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember. Journal Communication. 2(1):99-122.

Respati, W., Yulianto, A., Widiana. 2006. Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Yang Mempersepsi Pola Asuh Orang Tua Authoritarian, Permissive, Authoritative. Jurnal Psikologi. 4(2):119-138.

Santrock, J.W. 2011. Perkembangan anak edisi 11. Jakarta: Salemba Humanika.

Sofia, A., Irzalinda, V., Ulfa, E.P. 2016. Faktor-Faktor Yang Berperan Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan. 7(4):733-799.

Sunarty, K. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Anak. Journal of EST. 1(3):152-160.

Sutrisno, H. 2006. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offest.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yamin, M., Sabri, S.J. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats