Penggunaan Metode Bercakap-Cakap dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini

Nurul Komariah, Een Y. Haenilah, Riswandi Riswandi

Abstract


The problem in this study that there was a low children’s speaking skills aged 5-6 years old at Ismaria Al-Qur’aniyyah Kindergarten Bandar Lampung. The study aimed to examine the effect of conversation method on children’s speaking skills and see the differences in children’s speaking skills before and after the use of conversation methods. The research design was Pre-experimental study. The sample was 30 children’s aged 5-6 years old. Techniques sampling was purposive sampling. The data were analyzed by using simple linear regression and t-test. The results showed that there was a significant influences on the use of conversation methods toward children’s speaking skills and there was a differences in children’s speaking skills before and after the use of conversation methods. It can be concluded that conversation method can improve children’s speaking skills.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak anak usia 5-6 tahun di RA Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung yang belum terampil berbicara. Penelitian bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan metode bercakap–cakap terhadap keterampilan berbicara dan melihat perbedaan keterampilan berbicara anak antara sebelum dan sesudah diberikan penggunaan metode bercakap-cakap. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental. Sampel penelitian 30 anak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, Teknik analisis menggunakan Regresi Linier Sederhana, dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode bercakap–cakap terhadap keterampilan berbicara dan terdapat perbedaan keterampilan berbicara anak antara sebelum dan sesudah diberikan penggunaan metode bercakap-cakap. Metode Bercakap-cakap dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini.

Kata kunci: anak usia dini, berrcakap-cakap, keterampilan berbicara


References


Bordin, J. and Renblad, K. (2019). Improvement Of Preschool Children’s Speech And Language Skills. Early Chlid Development and Care Journal. 300:1-10.

Hadi, S. (2006). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Ofset.

Isjoni. (2010). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Latif, Mukhtar. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Monceviciene, Ona and Birute, A. (2015). The Competences of Education Mentor, Foresting Change In The Early Childhood Education. Journal of Social and Behavioral Science. 197:885-891

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Septanti, H. (2015). Hubungan Penggunaan Metode Bercakap-Cakap Dengan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PG-PAUD Universitas Lampung. Diakses pada tanggal 22 Maret 2018.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Rumusan Teknik Analisis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. (2008). Membaca Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: FKSS-IKIP.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats