Pemahaman Pendekatan Saintifik dengan Pengembangan Pembelajaran

Luluk Pratiwi Dewayanti, Een Yayah Haenilah, Rizky Drupadi

Abstract


This research was motivated by teachers ability to develop scientific learning. The purpose of this study was to determine the relationship between teachers understanding in scientific approach toward 2013 curriculum learning development. This study was used non-experimental quantitative research with correlational research design. The data were collected by using test, observation, and document. The sampling technique was used purposive sampling with post graduate teachers qualifications. Total sample were 20 early childhood teachers. The results showed a correlation of 0.715 which means that there was a strong and significant positive relationship between teachers understanding in scientific approach toward 2013 curriculum learning development.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pengembangan pembelajaran pendekatan saintifik yang harus dikembangkan oleh guru PAUD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemahaman guru PAUD tentang pendekatan saintifik dengan pengembangan pembelajaran pada kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif non eksperimental dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumen. Teknik pengambilan sampelmenggunakan purposif sampling dengan kualifikasi S1 PAUD dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi sebesar 0,715 yang artinya terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara pemahaman guru PAUD tentang pendekatan saintifik dengan pengembangan pembelajaran pada kurikulum 2013.

Kata kunci :kurikulum, pendekatan saintifik, pengembangan pembelajaran


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ali, M., dan Asrori M. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bumi Aksara,Jakarta.

Ayuni, F. N. 2015. Pemahaman Guru terhadap Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi. Volume 15, Nomor 2.

Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI,SMP/MTS, & SMA/MA. Ar-Ruzz Media,Yogyakarta.

Hadi, S. 2005. Statistik Jilid 2. Andi Offset, Jakarta.

Hamid, H. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Pustaka Setia,Bandung.

Hijriati. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. 1, 74-92.

Kamaliyah. 2016. Mendesain dan Melaksanakan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 2, 108-125.

Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta,Bandung.

Sa’ud, U.S., dan Abin S. M. 2007. Perencanaan Pendidikan. Remaja Rosdakarya,Bandung.

Shawer, S.F. 2017. Teacher-driven Curriculum Development at The Classroom Level: Implication for Curriculum, Pedagogy, and Teacher Training. Teaching and Teacher Education. 63, 296-313.

Sullivan, S. And Sadhana, P. 2018. Learning with Multiple Online Text As Part of Scientific Inquiry in The Classroom. Journal of Computers and Education. 128, 36-51.

Usman, M.U. 2002. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya,Bandung.

Yolanda, E. dan Dadan S. 2018. Pendekatan Pembelajaran Saintifik dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. (Paper). Universitas Negeri Padang, Padang.

Yu-Liang, Chang. dkk. 2015. They Are Learning: Changes through Teacher Professional Development of Inquiry Curriculum Design and Implementation. Journal of Social and Behavioral Sciences. 177, 178-182.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats