Bermain Pembangunan Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini
Abstract
The problem in this research was children low fine motor skills aged 5-6 years old. This research aimed to determine the influences of constructive play toward fine motor skills. This research was conducted at Sekar Melati Kindergarten. The method of this study was associative research. The sample of this research consisted of 20 childrens aged 5-6 years old. The sample technique used was total sampling. Data was collected through observation and analyzed by using simple linear regression test. The results of the simple linear regression test showed that there was a significant influences of constructive play toward children fine motor skills.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan motorik halus pada pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain pembangunan terhadap keterampilan motorik halus. Penelitian dilaksanakan di PAUD Sekar Melati, metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian assosiatif. Sampel penelitian ini berjumlah 20 orang anak usia 5-6 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari bermain pembangunan terhadap keterampilan motorik halus anak.
Kata kunci: anak usia dini, bermain pembangunan, motorik halus
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hildayani, R dkk. 2011. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta.
Jamaris, M. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak. Jakarta: Grasindo.
Latif, M. dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Melani, S. 2015. Hubungan Antara Aktivitas Bermain Pembangunan dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. (Jurnal Penelitian).
Montolalu, B.E.F., Dian A., Sri S. 2013. Bermain Dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
NAEYC. 2009. Developmentally Appropriate Practic in Early Chilhood Programs Serving Children from Birth through Age 8. Washington: NAEYC.
Piaget. J & Barbel, I. 2010. Psikologi Anak. Diterjemahkan oleh Miftahul Jannah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. R dan D. Bandung: Alfa Beta.
Tedjasaputra, M. S. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan untuk Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta:Ar-Ruz Media.
Yus, A. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.