EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PERKEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK

Pinka Olivia, Ari Sofia, Nia Fatmawati

Abstract


The problem in this study is the social development of the children, especially the social interaction of children aged 5-6 years old has not been optimally developed. This study aims to determine the differences in the development of social interactions of the children before and after being given a learning treatment Make a Match. The method used in this study is a quantitative method with a Pre-Experimental Design design by using one experimental group. The sample used in this study was children aged 5-6 years old which are 23 children. Data collection techniques used in this study were observation and documentation. Data analysis was used to determine the differences of using the Wilcoxon test. The results of hypothesis testing showed that there are differences in children's social development after the application of Make a Match learning with the value of Sig= 0.000.

Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan sosial anak khususnya interaksi sosial anak usia 5-6 tahun belum optimal perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan interaksi sosial anak sebelum dan setelah diberi perlakuan pembelajaran Make a Match. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan satu kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan menggunakan uji wilcoxon. Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat perbedaan perkembangan sosial anak setelah penerapan pembelajaran Make a Match dengan nilai Sig 0.000.

Kata kunci: anak usia dini, pembelajaran Make a Match, perkembangan interaksi sosial.


References


Huda, M. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indrawan, P.A. (2017). Pengaruh Metode Permainan Edukatif terhadap Interaksi Sosial Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 2(4). Tersedia Online: http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/article/view/1026. Diakses pada 28 November 2018.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswanda Pressindo.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Buletin Psikologi. 23(2). Tersedia Online: https:jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/10567/7946 Diakses pada tanggal 22 Januari 2018.

Rahyuni, S.A.P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal PG PAUD UNDIKSHA. 2(01). Tersedia Online: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3147. Diakses pada 24 Februari 2018.

Regina., Sutrisno, H., Muntaha. (2014). Hubungan Interaksi Sosial Teman Sebaya Dengan Prilaku Sosial Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini Sentosa Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan. 103(1). Tersedia Online: http://repository.unmuhpnk.ac.id/103/1/JURNAL%20REGINA.pdf. Diakses pada 9 Januari 2019.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santosa, S. (2004). Dinamika Kelompok Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin R. (2008). Cooperative Learning: Second Edition. Jakarta: PT Indeks.

Sukmadinata, S.N. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryawati. (2013). Sosiologi. Jakarta: Erlangga.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Syaodih, E. (2010). Perananan Bimbingan Guru, Pengasuhan Orang Tua Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Anak. Bandung: Bumi Siliwangi dan Angkasa.

Weni, O., Ason, Y., Waridah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Aspek Perkembangan Kognitif dan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini TK Negeri Pembina. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1). Tersedia Online : http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/101. Diakses pada 24 Februari 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats