Pengaruh Aktivitas Permainan Finger Painting terhadap Pengenalan Warna Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
The problem in this study was the lack of color recognition in children aged 5-6 years. This study ared to determine the influence of finger painting activity on children aged 5-6 years. This type of research was a quantitative research that is pre-experimental with a quantitative design. The study sample used a multistage random sampling of 30 experimental class children and 27 control class children. Data collection techniques used are observation and documentation. While the data analysis used is two free sample t-test and simple linear regression analysis. The results showed that there were differences in color recognition between children who learned to use finger painting games with children who learned without using finger painting games and there was the influence of finger painting activity on color recognition on children aged 5-6 years.
Masalah pada penelitian ini adalah belum berkembangnyapengenalan warna pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas permainan finger painting pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat preexperimental dengan desain kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan multistage random sampling sebanyak 30 anak kelas eksperimen dan 27 anak kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu paired sample t-test dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaaan pengenalan warna antara anak yang belajar menggunakan permainan finger painting dengan anak yang belajar tanpa menggunakan permainan finger painting dan ada pengaruh aktivitas permainan finger painting terhadap pengenalan warna pada anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci : aktivitas, finger painting, dan pengenalan warna
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraini. 2014. Jurnal Penelitian: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Sains Dalam Mencampur Warna Melalui Penerapan Metode Eksperiman Pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Gayatri. 2016. Peranan Finger Painting Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Konsep Warna Di Kelompok B Tk Nurul Islam Lambara Kecamatan Tawaeli. Jurnal Program Studi PG PAUD, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.
Munandar. 2000. Pengembangan kognitif anak usia dini. Jakarta: Gramedia.
Pamadi, Hajar. 2008. Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka. Jakarta.
Simatupang. 2005. Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. Jurnal Penelitian PAUDIA Vol.1
Rachmawati, Kurniawati, dan Euis. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: KencanaPrenada Media.
Risma. 2016. Jurnal Penelitian: Pengaruh Metode Eksperimen Percampuran Warna Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di TK Dharma Siwi 1 Surabaya. Jurnal Program Studi PGPAUD, Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan, Ter. Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana.
Semiawan, Conny. R. 2002. Belajar Dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
Zuliatin. 2013. Pengaruh Seni Finger Painting Terhadap Pengetahuan Warna. Jurnal Psikologi, Vol.04, No.02.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.