Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
The problem in this reseach was lack of childre’s independent 5-6 years. The study aims to determine the relationship of parenting patterns to the independence of children aged 5-6 years. This research was conducted in May 2018. The research method used was quantitative research method with non survey experimental survey type, with correlation data analysis. The sample in the study amounted to 31 children school at TK Tunas Bangsa Wiyono Pasawaran and 31 parents who sent their children in kindergarten Tunas Bangsa Wiyono Pasawaran, sampling technique used was purposive sampling technique. The data collection in this study was conducted by using questionnaire and observation techniques, while the data was analyzed using sperman rank correlation. The results showed that there is a considerable relationship between parenting with the independence of children aged 5-6 years in kindergarten Tunas Bangsa Wiyono Pasawaran.
Masalah dalam penelitian ini kurangnya kemandirian anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola orang tua dengan. Kemandirian anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan Maret-Agustus 2018. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey yang bersifat non eksperimental, dengan analisis data korelasi. Sampel dalam penelitian berjumlah 31 anak yang bersekolah di TK Tunas Bangsa Wiyono Pasawaran dan 31 orang tua yang menyekolahkan anaknya di TK Tunas Bangsa Wiyono Pasawaran, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner dan observasi, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan korelasi sperman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup besar antara pola asuh orang tua dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Bangsa Wiyono Pasawaran.
Kata Kunci : permisif, kemandirian anak, pola asuh orang tua
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.
Baumrind, D. 1991. Current Pattrent Of Parental Authority. Development Psycology Momograph.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik : Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Dalam Memahami Pssikologi Anak Usia SD, SMP, SMA. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Eka, Astuti. 2004 Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Retardasi Mental di SLB C Negeri II Gondomanan Yogyakarta, Jurnal Universitas Gajah Mada Fakultas Kedokteran. 3(7), hal 6-7.
Gunarsah, Singgih . 2006. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Gunung Mulia: Jakarta.
Jayantini, Sedanayasa & Sulastri. 2014. Hubungan Pola Asuh Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Undiksa JurusanBimbingan Konseling, 2 (1), hlm. 2-3.
Janah, H. (2012). Bentuk Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Perilaku Kemandirian pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 1 (1), hlm 1.
Masrun . dkk. 2001. Studi Mengenai Kemandirian Pada Penduduk Tiga Suku Bangsa (Jawa, Batak, Bugis). Laporan Penelitian. Universitas Gajah Mada: Yogyakarta
Nurani, Yuliani. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks: Jakarta.
Santrock. 2009. Educational Psychology. Edisi Buku Ketiga. Terjemahan Angelica. Salemba Humanika: Jakarta.
Sidharto, Suryati, Izzaty, Rita Eka. 2007. Pengembangan Kebiasaan Positif. Pusat penelitian anak usai dini: Yogyakarta.
Suseno, Danang. 2010. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Aisyiyah Mendungan Sukoharjo. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta. 3(4), hlm. 2-4
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusiana, F & Teviana, M.A (2012). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat kemandirian Anak. Jurnal STIKES. 5 (1). 56-57.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.