Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan

Safira Nur, Een Yayah Haenilah, Sasmiati Sasmiati

Abstract


The problem in this research was  the lack developed languagein childrenaged 5-6 years.In this research aims to determine the influence of  big book’s media on the ability to read the beginningin children aged 5-6 years. Method oftheresearch is Pre- eksperimental with One Grup Pretest-Posttest design. Samplingtechnique of this research is sampling purposive and sample in this research is 30 children. While data analysis using by  t-test to see thedifference of the ability to read the beginning before andafter using big book’s media with the result 3,558.Theresults showed that thereis the influence of the big book’s media on the ability to read the beginning aged 5-6 years is 4,46. It means that big book media can help stimulate the ability to read the beginning.


Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya membaca permulaan  pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan pengaruh  media big book terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian yang bersifat Pre- eksperimental dengan One Grup dengan desain Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive dengan sampel sebesar 30 anak. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji t-piered test dan regeresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan membaca permulaan antara sebelum dan sesudah penggunaan media big book sebesar 5,338 dan terdapat pengaruh media big book terhadap kemampuan membaca permulaan anak 5-6 tahun sebesar 4,645. Hal ini membuktikan media big book dapat membantu menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak.

Kata Kunci: big book, membaca permulaan, anak usia 5-6 tahun.


References


Anwar, Chairul. 2016. Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. IRCiSoD: Jakarta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo: Jakarta.

Dalman,. 2013. Keterampilan Membaca. Rajawali Pres: Jakarta.

Dhieni, Nurbiana. 2012. Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka: Jakarta

Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Firiani, Amilah. 2014. Hakikat Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Rineka Cipta: Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pemgembangan Bahasa. Prenada media Grup: Jakarta

Nambiar, Mohana. 2003. Early Reading Instruction-Big Books in the ESL Classroom. Jurnal the English Teacher (Vol XXII). Hlm 1-7. Tersedia Online:file:///C:/Users/User/Downloads/316-796-1SM%20(1).pdf. Diaskes pada 4 Maret 2018.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor Nomor 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Seefeldt, Carol dan Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks: Jakarta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2014. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks: Jakarta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Balajar dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung: Bandung.

Undang-Undang No. 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Jakarta

Yudha, Saputra. 2009. Pengajaran Bahasa Secara Umum. Bumi Aksara: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats