Pengaruh Aktivitas Bermain Senam Fantasi Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Azhar 16 Bandar Lampung
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Al-Azhar 16 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi peningkatan serta pengaruh penggunaan aktivitas bermain senam fantasi terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Al-Azhar 16 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design. Sampel penelitian ini berjumlah 20 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan serta pengaruh penggunaan aktivitas bermain senam fantasi terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Al-Azhar 16 Bandar Lampung.
Kata kunci: senam fantasi, motorik kasar, uji t-test, uji regresi linear sederhana
References
Aini. F. Q. 2016. Pengaruh Senam Irama terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A. Tersedia di https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi35oa8uYfaAhUHNo8KHbnvA7gQFggtMAE&url=http%3A%2F%2Fjurnalmahasiswa.unesa.ac.id%2Farticle%2F19738%2F19%2Farticle.pdf&usg=AOvVaw0G7KeYsx9rIj6GOc7NtkQm . Jurnal PAUD Teratai Vol 5, No 2 (2016) Diakses pada 25 Maret 2016
Bardida. F. 2016. The effectiveness of a community-based fundamental motor skill intervention in children aged 3–8 years: Results of the “Multimove for Kids” project. Tersedia di https://doi.org/10.10.16/j.jsams.2016.07.005. Diakses pada 01 April 2018
Fadhillah. M. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Ar-ruz Media. Yogyakarta.
Fauziah. Z. 2015. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Fantasi Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulung Agung Tahun Pelajaran 2013-2015”. Pendidikan Guru PAUD. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tersedia di http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/13.1.01.11.0483P.pdf. Diakses pada 25 Maret 2018
Martini. 2012. Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui senam fantasi di TK Al-Hikmah Lubuk Basung. Jurnal Pesona PAUD Vol 1, No 03 (2012). Tersedia di http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=100804. Di akses pada 26 Mei 2018
Montolalu.2005. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Prenada Media Grup: Jakarta
Sari. F. M. 2016. Senam Fantasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Autis di SD Inklusi.Terseda di https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi35oa8uYfaAhUHNo8KHbnvA7gQFggoMAA&url=http%3A%2F%2Fjurnalmahasiswa.unesa.ac.id%2Farticle%2F21910%2F15%2Farticle.pdf&usg=AOvVaw36wkOl-YiB2IDBv5A7NzEJ Jurnal Pendidikan Khusus Vol 9, No 1 (2016)Diakses pada 25 Maret
Setyawati. W. Y. 2016. Kegiatan Senam Fantasi Mempengaruhi Perkembangan Motorik Kasar Anakdi POS PAUD Paud Bina Pergiwati Kemlayan Surakarta. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/42358/11/naskah%20publikasie.pdf. Diakses pada 25 Maret 2018
Sujiono. B. 2010. Metode Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Depdikas: Jakarta
Utami. N. 2014. Berbasis Soft Skill Melaui Pembelajaran Senam Fantasi pada Siswa Kelompok A RA Muslimat NU Sukosari Bandooyo Magelang. Tersedia di http://digilib.uinsuka.ac.id/. Diakses pada 25 Februari 2018
Wiyani. A. 2014. Psikologi Perkembangan AUD. Yogyakarta: Gava Media
Yuliansih. 2015.. Pengaruh Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Anak Usia 5 Tahun. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/37663/1/NASKAH%20PUSBLIKASI.pdf . Diakses pada pada 26 Maret 2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.