Permainan Modifikasi Lari Estafet Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
This study aims to see gross motor development before and after using running relay modification game and the effect of running relay modification on gross motor development. This study used an experimental method with one group pretest posttest design with a sample of 30 children, and observation and documentation data collection technique. Data analysis techniques used piered sample t-test and simple linear regression. The result of this study show the difference in gross motor development between before and after using running relay modification and the effect of running relay modification and the influence of the running relay modification game on gross motor development. This mean running relay modification game can help stimulate gross motoric development of children aged 4-5 years.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan perkembangan motorik kasar sebelum dan setelah menggunakan permainan modifikasi lari estafet dan pengaruh permainan modifikasi lari estafet terhadap perkembangan motorik kasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest posttest design,dengan sampel sebanyak 30 anak, serta teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan piered sample t-test dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan perkembangan motorik kasar antara sebelum dan setelah menggunakan permainan modifikasi lari estafet dan pengaruh permainan modifikasi lari estafet terhadap perkembangan motorik kasar. Artinya, permainan modifikasi lari estafet bisa menstimulus perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun.
Kata Kunci : anak usia 4-5 tahun. modifikasi lari estafet, permainan, perkembangan motorik kasar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Farida, Aida. 2016. Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbiyah. Volume 4. Nomor 2. Tersedia Online: http//jurnaltarbiyah.uinsuAc.id/Diakses tanggal 01 Juli 2018.
Haenilah, Een Y. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogykarta: Media Akademi
Hurlock, Elizabeth B. 2013. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Kristanto dan Yhana Pratiwi. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui Permainan Tradisonal Engklek di Kelompok B Tunas Rimba II Tahun 2014. Jurnal Penelitian PAUDIA. Volume 3. Nomor 2. Tersedia Online: http://journal. upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/513/466 Diakses pada tanggal 19 Desember 2017.
Rusuli, Izzatur. 2014. Refleksi Teori Belajar Behavioristik Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pencerahan. Volume 8. Nomor 1. Tersedia Online:http://www. jurnal.unsyiah.ac.id/JPP/article/view/2042 Diakses pada tanggal 20 Januari 2018.
Soraya, Rizky Aulia. 2017. Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B Melalui Bermain Estafet Di TK PKK Marsudisiwi Pleret Bantul. Jurnal Pendidikan. Volume 6. Nomor 7. Tersedia Online:http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgpaud/article/view/8972/8624 Diakses pada tanggal 21 Desember 2017.
Sujiono, Bambang. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: UT Cipta.
Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.
Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas,Dirjen Dikti
Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
Wulan, Dwi Septi Anjas. 2015Peningkatan Kemampuan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Lari Estafet Modifikasi (Penelitian Tindakan di TK B Jihan Ulfani Kecamatan Medan Marelan Tahun 2014/2015). Jurnal Pendidikan. Volume 9. Nomor 1. Tersedia Online: http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/98/98 Diakses pada tanggal 25 Mei 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.