Bermain Media Maze Angka Dan Keterampilan Lambang Bilangan Anak Usia Dini
Abstract
The problem of this research was the lack of recognizing number symbol skills in range 5-6 years age in Ivana early childhood school. His study aimed to know the effect of maze number media activity to recognizing number symbol skills. The research was quantitative research used an descriptive approach. The research design was conducted with simple randomzed design and the sampling technique was multiple stage random sampling. The research subject were 63 early childhood with division in 31 early childhood as a experiment class and 32 early childhood as control class. Data was collected using observation and simple linear regression test to know the effect of maze number media activity and t-test to see the difference of recognize number symbolik skills. The result showed that there was significant difference of between experiment class and control class, it means maze number has some effect to recognize number symbol skills.
Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan mengenal lambang bilangan anak usia 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Penengahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain media maze angkaterhadap perkembangan mengenal lambang bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan desktibtif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian simple randomized design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Multiple Stage Random Sampling. Jumlah sampel penelitian ialah 63 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan rumus regresi linier untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain media maze angka dan uji-t untuk melihat perbedaan perkembangan mengenal lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan perkembangan mengenal lambang bilangan pada anak yang diberikan dan tidak diberikan perlakuan aktivitas bermain media maze angka. Hasil ini menunjukan bahwa media maze angka memberikan pengaruh terhadap perkembangan mengenal lambang bilangan.
Kata Kunci: bermain, media maze, dan lambang bilangan
References
Constantina &Hasibuan. 2015. Pengaruh Permainan Maze Angka Terhadap Perkembangan Mengenal Lambang Bilangan Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan PAUD SD Universitas Negeri Surabaya. Vol4,No.2. Tersedia di: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/11383. [diakses pada 20 Desember 2017]
Pakasi, S. 1970. Belajar Berhitung. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Rosidah, L. 2014. Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol8,No.2. Tersedia di:http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/78.[diakses pada 19 Desember].
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y.L. & Bambang, S. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks.
Udani, I G.A.K.& Ari. 2013. Implementasi Teknik Maze untuk Mengembangkan Kreativitas dan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 Tk Shanti Kumara III Sempidi Mengwi Badung. Jurnal Pendas Universtas Pendidikan Ganesha. Vol4,No.1.Tersedia di : http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/download/1470/1141. [diakses pada 25 Februari 2017].
Winataputra, U.S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.