Penggunaan Kartu Angka Bergambar dan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Abstract: Using Flash Card and The Ability To Recognize The Symbol Of Number Of Children Aged 4-5 Years.The problem in this study was the low ability to recognize the symbol of numbers in children aged 4-5 years. This study aimed to determine the correlation of using flash card with the ability to recognize the symbol of number of children aged 4-5 years. This type of study was quantitative study using non-exsperimental method with data analysis was man whiteny correlation. the subjects of this study were 20 children. the results showed that there was significant correlation between using flash card with the ability to recognize the symbol of numbers of children aged 4-5 years with a coefficient of Z value of -0.297 with a significance level of 5%.
Keywords: cognitive, flash card, the symbol of number
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, Siti, et. al. 2008.Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia dini.Universitas Terbuka. Jakarta.
Gandana, Gilar. 2017. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk At-Toyyibah. Jurnal PAUD Agapedia.Vol.1 No. 1. Tersedia Online: ejournal.upi.edu diakses pada Tanggal 11 Januari 2018.
Gray, Sarah A dan Reeve, Robert A. 2016.Number-Specific and General Cognitive Markers Of Preschoolers’ Math Ability Profiles. Journal Of Experimental Child Psycology. 147 Tersedia Online: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0022096516000321 diakses pada Tanggal 11 Januari 2018.
Halimatonsakdiah.2016. Pengembangan Kemampuan Kognitif Tentang Konsep Berhitung Dengan APE Flascard Di Tk Hubbul Wathan Lamteuba Kecamatanseulimeum Aceh Besar.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Unsyah. Vol. 1 No. 1. Tersedia Online: http://www.neliti.com/publication /187321 diakses pada tanggal 11 Januari 2018
Hasanah, Siti Noor. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Permainan Memancing Ikan Pada Anak.Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang.Vol. 2 No. 2. Tersedia Online:http://download.portalgaruda.org/article.php?article Diakses pada 11 Januari 2018.
Kurniati.2013.Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kartu Angka Bergambar di TK Idhata 1 Ketapang.Vol.2 No. 2. Tersedia Online: jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/862/pdf diakses pada Tanggal 11 Januari 2018.
Lestari, Gunarti. 2014. Number Sense Untuk Anak UsiaDini. Lentera Ilmu Cendikia. Jakarta.
Ostergren, Rickard dan Traff Ulf. 2013. Early Number Knowladge and Cognitive Ability Affect Early Arithmetic Ability.Journal Of Experimental Child Psycology. 115. Tersedia Online: https:// www. sciencedirect. com/ science/article/pii/S0022096513000635 Diakses padaTanggal 11 Januari 2018.
Rahman, Taopik. 2017. Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Biangan Melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia.Vol.1 No. 1. Tersedia Online: http://ejournal.upi.edu/ index.php/ agapedia/ article/download/7167/4763diakses pada Tanggal 11 Januari 2018.
Hastana, Isabela. 2017. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Lambang Angka 1-10 melalui Kartu Angka Pada Taman Kanak-Kanak Kelompok A. Wahana.Vol. 69 No. 2. Tersedia Online: Jurnal.unipasby.ac.id/index.php/whn/article/download/1070/888/. Diakses pada tanggal 8 oktober 2018.
Ramaini. 2011. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan MelaluiPermainan Tabung Pintar Di Tk NegeriPembina Lubuk Basung. Jurnal Pesona PAUD. Vol. 1 No. 1. Tersedia Online: http://ejournal.unp.ac/index.php/paud/article/viewFile/1655/1425 diakses pada Tanggal 11 Januari 2018.
Yusianti. 2016. Meningkatkan Kemampuan Menngenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar Pada Anak Usia TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.Tersedia Online: http://journal.studnt.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/viewFile/3535/3199diakses pada Tanggal 11 Januari 2018.
Zaman, Badru. 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Universitas Terbuka.Tanggerang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.