Aktivitas Permainan Memancing Kartu Huruf Meningkatkan Kemampuan Mengenal Simbol Huruf Anak Usia Dini

Revi Mulia, Thoha Jaya

Abstract


The problem of this research was the lack of children alphabet symbol skills aged 4-5 years old. This study aimed to determine the effect of alphabet card fishing activities to recognizing alphabet symbol skills. The research method was conducted with quasy experiment. The research subject was 40 early childhood with division in A class of TK Nurul Islam were 20 early childhood as a experiment class and A class of TK Aisyiyah Bustanul Athfal were 20 early childhood as a control class. Data were collected using observation and simple linear regression test. The result showed that there was a significant difference between experiment class and control class, so it can be used to increase the recognize alphabet symbol of early childhood.

Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan mengenal simbol huruf pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas pemainan memancing kartu huruf terhadap kemampuan mengenal simbol huruf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalalah metode ekperimen dengan desain eksperimen semu (quasy experiment). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 Tahun yang berjumlah 40 anak dengan pembagian kelas A di TK Nurul Islam berjumlah 20 anak sebagai kelas ekperimen dan kelas A di TK Aisyiyah Bustanul Alfal berjumlah 20 anak sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang artinya aktivitas permainan memancing kartu huruf pada kelas eksperimen memiliki pengaruh sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal simbol huruf pada anak.


Kata kunci: memancing kartu huruf, simbol huruf, anak usia 4-5 tahun.


Full Text:

PDF

References


Budiningsih, A. 2004. Belajar dan Pembelajran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Haenilah,E. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.

Ismawati, E & Umaya, F. 2012. Belajar Bahasa Di Kelas Awal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Rohul, H. W. 2017. Meningkatkan Kemampuan Anak Kelompok A2 Mengenal Abjad Melalui Permainan Memancing Huruf Di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi tersedia di: http://repository.unej.ac.id/bitstrem/handle/123456789/80805/hendro%20TRY%20ROHUL%20w.pdf?sequence=1.[diakses 3 Januari 2018].

Seefeld, C & Barbara, A.W. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini . (Alih bahasa: Pius Nasar). Jakarta: Indeks.

Suenjono, Dardjowidjono. 2003. Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats