Kegiatan Melipat Kertas Origami Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini
Abstract
The problem in this research was fine motor development of children aged 5-6 years in Aisyiyah Bustanul Athfal 3 kindergarten has not been yet optimal. This research aims to determine the effect of origami paper folding activity on fine motor development of children. The method used in this research was experimental method. The sample used in this research were 60 children aged 5-6 years that were divided into two class devisions: class division of B1 as control class and class devision of B2 as experimental class. The data collection techniques used were observation and data analysis by using a simple linear regression test. The results showed that there was a significant difference between the experimental class and the control class, which means that the origami paper folding activity in the experimental class has an influence that can be applied in improving the fine motor development of the children.
Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan melipat kertas origami terhadap perkembangan motorik halus anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 60 anak dengan pembagian kelas B1 sebagai kelas kontrol dan kelas B2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang artinya kegiatan melipat kertas origami pada kelas eksperimen memiliki pengaruh sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak.
Kata kunci : melipat kertas origami, motorik halus, anak usia 5-6 tahun.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aeni, Qurrotul dan Elisabeth Cristiana. 2016. Pengaruh Kegiatan Origami Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai. [Online]. Voleme5,No.2. Tersedia di: http://ejournal.unesa.ac.id/article/18965/19/article.pdf. [diakses 11 Februari 2018].
Ali, Nizar. 2008. Kependidikan Islam Dalam Perspektif Hadis Nabi. Jurnal Penelitian Agama. [Online]. Volume17,No.1. Tersedia di : http://digilib.uinsuka.ac.id/8766/1/Nizar%20ali%20kependidikan%20islam%20dalam%20perspektif%20hadis%20nabi.Pdf. [diakses 15 Februari 2018].
Bae, Ju Han. 2013. The Effects Of Origami On The Improvement Of Hand Dexterity. Journal Of International Academy Of Physical Therapy Research. [Online]. Volume4, No.2. Tersedia di: http://www.koreascience.or.kr/article/articlefullrecord. [diakses 13 Januari 2018].
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tentang Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas: Jakarta.
Eliasa, Eva Imania. 2011. Permainan (Games) Dalam Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta. Tersedia dalam : (http://staffnew.uny.ac.id/upload/132318571/).
Maghfuroh, Lilis dan Kiki Chayaning Putri. 2017. Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk Sartika I Sumurgenuk Kecamatan Babat Lamongan. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Volume10,No.1. Tersedia di : http://journal.unusa.ac.id/index.php/jhs/article/view/376. [diakses 10 Februari 2018].
Ningsih, Andri Setia. 2015. Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main Kelompok . Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini edisi 7. Tersedia di : http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/download/. [diakses 11 Februari 2018].
Sugiyono. 2013. Statistic Untuk Penelitian . Bandung : Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.