Studi Deskriptif Profesionalisme Guru TK dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur
Abstract
The problem in this study was that many kindergarten teachers have not been good in planning, implementing and evaluating learning that was motivated by a lack of support for academic qualifications, and teaching experience. This study aims to describe the level of professionalism of kindergarten teachers in early childhood learning in Bandar Sribhawono District East Lampung Regency. This type of research was quantitative descriptive. The population in this study were kindergarten teachers in Bandar Sribhawono Subdistrict totaling 64 teachers. The sample of this study were 22 kindergarten teachers who were taken by purposive sampling technique based on the consideration of the S1 qualifying teacher. Data collection techniques using questionnaire and document techniques. Data analysis using quantitative descriptive. The results showed that most kindergarten teachers in Bandar Sribhawono Subdistrict were less professional in early childhood learning, which was 68 percent.
Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya guru TK yang belum baik dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran yang dilatar belakangi oleh kurangnya dukungan kualifikasi akademik, dan pengalaman mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat profesionalisme guru TK dalam pembelajaran anak usia dini di Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TK di Kecamatan Bandar Sribhawono yang berjumlah 64 guru. Sampel penelitian ini adalah 22 guru TK yang diambil dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan guru TK yang berkualifikasi S1. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru TK di Kecamatan Bandar Sribhawono kurang profesional dalam pembelajaran anak usia dini, yaitu sebesar 68 persen.
Kata Kunci: kualifikasi akademik, pengalaman mengajar, pembelajaran anak usia dini
References
Ali, Muhammad. 2005. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa: Bandung.
Alkornia. 2016. Studi Deskriptif Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru PAUD Dharma Wanita Binaan Skb Situbondo. Jurnal Pancaran Pendidikan. Vol. 5, No. 4:143-158.
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3775. Diakses 17 Januari 2018.
Arikunto. 2009. Prosedur Penelitian Suatu: Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.
Christianti. 2012. Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 1. No 1: 112-122. (Online).
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/2923. Diakses 17 januari 2018.
Djamarah S.B. & Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Fitri, A.E. 2017. Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Potensia. Vol. 2 No 1: 1-13. (Online). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/download/3032/1520. Diakses 17 Januari 2018.
Fitria, Nila. 2017. Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Prosiding Seminar Pendidikan FKIP Untirta. Vol. 2. No. 6: 231-240. (Online). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/231-240. Diakses 17 Januari 2018.
Fitriya. S.I.A. 2014 Terdapat Perbedaan Tingkat Pendidikan Guru TK terhadap Kualitas Kegiatan Belajar Mengajar di TK Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta: (Online). http://eprints.ums.ac.id/31815/. Diakses
November 2017.
Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta: Bandung.
Kamarul, Bahri. 2010. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman, dan Kompetensi Tutor, terhadap Mutu Pembelajaran Anak Usia Dini pada Latar Kelompok Bermain di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 5. No. 2. ____. (Online). https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/1199. Diakses Pada 17 Januari 2018.
Mashuri. 2012. Pengembangan Profesional Keguruan dalam Mata Kuliah Micro Teaching . Jurnal Ilmiah Didaktika. Vol. 13 No 1: 80-97. (Online). https://media.neliti.com/media/publications/81610-ID-pengembangan-professional-keguruan-dalam.pdf. Diakses 15 November 2017.
Nugraha, Enung. 2016. Evaluasi Pendidikan pada Jenjang PAUD. Jurnal Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Vol. 1. No. 2: 106-118. (Online). http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/197. Diakses 17 Januari 2018.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas: Jakarta.
Priansa. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Alfabeta: Bandung.
Sadulloh. 2014. Pedagogik:Ilmu Mendidik. Alfabeta: Bandung.
Siregar. 2013 Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta: Jakarta.
Sutarmanto. 2009. Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Vol. 1. No. 1: 16-30. (Online). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/42. Diakses pada 17 Januari 2018.
Sutrisno, Hadi. 2005. Statistik Jilid 2. Yokyakarta: Andi Offset.
Yamin, Martinis. 2009. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. GP Press: Jakarta.
Yufiarti & Titi. 2010. Profesionalitas Guru PAUD. Universitas Terbuka: Jakarta.
Zahroh, I.F. 2015. Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi. Vol. 1. No. 1: 92-111. (Online). https://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/95/89. Diakses 17 Januari 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.