Penggunaan Media Puzzle Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
The problem in this research was children lack Problem solving aged 5-6 old children. This research aimed to determine the different improvement of children problem solving through puzzle media and to determine the effect of puzzle media usage on children problem solving at LPM Raman Endra kindergarten. This research was quantitative research with experimental approach. The method in this research was experiment Treatment By Subjects Design. The sampling technique was used purposive sampling, sampling in this research amounted 38 children. The data were collected by observation and documentation. Data was analyzed by using simple linear regression and t-test. The results showed that there were an influences of through puzzle media toward children problem solving. Through puzzle media contributed 33,5 percent to the children problem solving.
Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah anak melalui media puzzle dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di TK LPM Raman Endra. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Metode dalam penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan Treatment By Subjects Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara penggunaan media puzzle terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah anak. Penggunaan media puzzle memberikan kontribusi sebanyak 33,5 persen terhadap kemampuan pemecahan masalah anak.
Kata Kunci: anak usia dini, perkembangan kognitif, media puzzle
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aral, Gursoy, dan Yasar. 2012. An investigation of the effect of puzzle design on children’s development areas. procedia-social and behavioral sciences (Online). http://www.Sciencedirect.com. Diakses pada 5 Desember 2017.
Dewey, J. 1964. How We Think, A Restatement of the Relation of Reflective Thingking to the Education Process. Chicago : Henry Regne
Haenilah, Een Y. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Media Akademi: Yogyakarta
Khatimah, Husnul. 2018. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Puzzle Pada Kelompok B Tk Tunas Harapan. Jurnal Early Childhood Education Indonesian Journal Pedagogi (Online).https://scholar.google.co.id/scholar?q=jurnal+pengembangkan+kognitif+anak&btnG=&hl=id&as_sdt=0%2C5. Diakses pada 20 Januari 2018.
Putri, Chintia Eka. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Pendekatan Ilmiah Melalui Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Kautsar Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017 (Online). http://jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada 19 November 2017..
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Rahima. 2017. Pengaruh Permainan Edukatif Dengan Media Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Dalam Mengenal Bentuk Dan Warna Pada Anak Prasekolah Di Tk Aisyiyah Iv Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim. (Online). https://scholar.google.co.id/scholar?q=jurnal+pengembangkan+kognitif+anak&btnG=&hl=id&as_sdt=0%2C5 Diakses pada 19 November 2017.
Rilasya, Vinka. 2016. Pengaruh Penggunaan APE dalam Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Anak Usia Dini (Online). http://jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada 21 Oktober 2017.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta
Semiawan, Conny. 2002. Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini. Prenhalindo: Jakarta
Soebachman, Agustina. 2012. Permainan Asyik Bikin Anak Pintar. IN Azna Books: Yogyakarta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks: Jakarta
Surya, Mohammad. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Alfabeta: Bandung
Yudiasmini, Agung & ujianti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif. Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha (Online).https://scholar.google.co.id/scholar?q=jurnal+pengembangkan+kognitif+anak&btnG=&hl=id&as_sdt=0%2C5. Diakses pada 19 November 2017.
Yuliani, Rani. 2008. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Laskar Askara: Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.