Mengembangkan Kemampuan Mengklasifikasikan Benda Anak Usia Dini melalui Bermain Bahan Alam

Sarah Zahro Nauli Ramadhan, lilik sabdaningtyas, Ari Sofia

Abstract


The research problem was the low ability to classify objects in early childhood in early childhood. This study aimed to determine the influences of play activities using natural materials on the ability to classify objects aged 5-6 years in kindergarten Kartikatama Metro Selatan. The research method was used asosiatif kausala design. Technique samples was used total sampling and the sample were 30 students. Data were collected by observation and documentation. Data was analyzed by using Simple Linear Regression. The results showed that there were an influence between play activities using natural materials on the ability to classify objects in children aged 5-6 years.

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain menggunakan bahan alam terhadap kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak usia 5-6 tahun di TK Kartikatama Metro Selatan. Metode penelitian bersifat asosiatif kausal. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara aktivitas bermain menggunakan bahan alam terhadap kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak usia 5-6 tahun.

Kata Kunci: anak usia dini, klasifikasi, bahan alam, benda.


References


Elvida. 2012. Peningkatan Kreativitas Anak dengan Menggunakan Bahan Sisa di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Duri. Tersedia di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1680/1449. Diakses pada 21 Januari 2017.

Faizuddin, M. 2015. Peningkatan Kemampuan Klasifikasi melalui Media Benda Konkret pada anak kelompok A1 di TK Cahaya Kembar Bangkinang Kampar. Tersedia di https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=6&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi_p6uO88TYAhUcSo8KHQcNBbEQFghGMAU&url=http%3A%2F%2Fjournal.stkiptam.ac.id%2Findex.php%2Fobsesi%2Farticle%2Fdownload%2F104%2F56%2F&usg=AOvVaw0znvW25OlnqvycMwjoPyi1. Diakses pada 2 Januari 2018.

Kurniasih, N. 2013. Penggunaan Alat Media Permainan edukatif (APE) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Mahadul Quran. Tersedia di http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2013/01/Jurnal-Nuraini-Kurniasih-10030058.pdf. Diakses pada 28 Desember 2017.

Lanigan, J. 2014. Physical Activity for Young Children: A Quantitative Study of Child Care Providers Knowledge, Attitudes, and Health Promotion Practices, Vol. 42 Issue 1, p11 (Online). Tersedia di https://www.deepdyve.com/lp/springer-journals/physical-activity-for-young-children-a-quantitative-study-of-child-8c2y0emYhJ. Diakses 29 Desember 2017. Diakses pada 29 Desember 2017.

Latif, M. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014

Piotrowski, J. T. 2015. Media and child development. Tersedia di https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92145-7. diakses pada 29 Desember 2017.

Rosdiana. 2015. Pengaruh Aktivitas Bermaian dengan Media Alam Terhadap Kemampuan Kogntif Mengklasifikasi Benda. Tersedia di http://download.portalgaruda.org/article.php?article=327869&val=1555&title=PENGARUH%20AKTIVITAS%20BERMAIN%20DENGAN%20MEDIA%20ALAM%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20KOGNITIF%20MENGKLASIFIKASI%20BENDA. Diakses pada 2 Januari 2018.

Sanjaya, W. 2013. Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Sumini. 2013. Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengklasifikasikan Benda melalui Media Realia Alam Sekitar pada Kelompok B di Bustanul Athfal Aisyiyah Babadan I Kecamatan Karandowo Kabupaten Klaten. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/26702/10/NASKAH_PUBLIKASI.pdf. diakses pada 2 Januari 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats