Bermain Pembangunan Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

Tri Susanti, Ari Sofia, Diah Utaminingsih

Abstract


The Problem in this study was low children creativity. This study aimed to determine the improvement of chldren creativity through playing development. The population were 42 children. Sample were 23 children with purposive sampling technique. The method was used experimental with one-goup pretest-posttest design. Data were colected by observation and analize by using wilcoxon test which obtained value of Zhitung 4,216 campared with Ztable value was 0,000. It can be concluded that Ha accepted and Ho rejected The result showed that creativity was increased by 5,31% through constructive play.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk meningkatan kreativitas anak usia melalui bermain pembangunan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 anak. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan sampel penelitian berjumlah 23 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen semu dengan one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon yang diperoleh nilai Zhitung -4,216 < Ztable 0,000, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas sebesar 5,31% melalui bermain pembangunan.

Kata kunci : anak usia dini, bermain pembangunan, kreativitas.


References


Fazelian, P. 2013. Creativity in Schools. Tersedia di https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.335. [diakses pada 07 Desember 2017].

Isjoni. 2014. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Istiana, L. Dkk. 2014. Pengaruh Permainan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B Di Paud Melati. jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/8131. [diakses pada Februari 2017].

Latif, M. Dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Manuel, F. 2017. Tersedia di https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.127. [diakses pada 09 Desember 2017].

Mountololu dkk. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Mulia, P. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Balok Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Tk Kesuma Segalamider Bandarlampung. jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD. [diakses pada 20 Februari 2017].

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triharso, A. 2013. Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. C.V Andi Offset: Yogyakarta

Vidya, F. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Tersedia di https://www.google.com/search?q=bermain+pembangunan,+kreativitas,+jurnal&ei=Jy_pWc2cNYr4vgS7oIK4CQ&start=0&sa=N&biw=1366&bih=657. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4(2). [diakses 1 November 2017].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats