Frekuensi Latihan Senam Irama dan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini
Abstract
The problem of this study was children gross motoric development has not been well coordinated. This study aimed to determine the correlation between frequency of rythmic gymnastic exercise with children gross motoric development aged 5-6 years old. This research was used correlation quantitative research. The population were 198 students. Sample were 30 students purposive sampling technique. Data were collected by observation and documentation, and analyzed by spearman rank test. The results showed that there was a positive correlation between rythmic gymnasticd exercise and children gross motoric development by ? value= 0,520.
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar pada anak usia dini yang belum terkoordinasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan frekuensi latihan senam irama dengan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 198 anak. Sampel penelitian berjumlah 30 anak yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara frekuensi latihan senam irama dengan perkembangan motorik kasar anak sebesar, dengan nilai ?= 0,520.
Kata Kunci: anak usia dini, frekuensi, senam irama, motorik kasar
References
Anggraini, F. 2016. Peranan Senam Irama terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Tersedia di http://antologi.upi.edu/file/Febrina_Anggraini_Nadeak.pdf. [diakses pada 20 November 2016].
Bardida, F. The effectiveness of a community-based fundamental motor skill intervention in children aged 38 years: Results of the Multimove for Kids project. Tersedia di https://doi.org/10.1016/j.jsams.2016.07.005. [diakses pada 18 Oktober 2017].
Eickmann, S. 2003. Improved cognitive and motor development in a community-based intervention of psychosocial stimulation in northeast Brazil. Developmental Medicine & Child Neurology. Tersedia di https://eppi.ioe.ac.uk/cms/Portals/0/PDF%20reviews%20and%20summaries/ECD%202014%20Rao%20evidence%20brief.pdf?ver=2014-11-24-105457-973. [diakses pada 20 Oktober 2017].
Hanesty, A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/28477/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf. [diakses pada 20 November 2016].
Houwen, S. The interrelationships between motor, cognitive, and language development in children with and without intellectual and developmental disabilities. Tersedia di https://doi.org/10.1016/j.ridd.2016.01.012. [diakses pada 18 Oktober 2017].
Hasnida. 2014. Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: PT Luxima Metro Media.
Irmayanti. 2017. Komponen-Komponen Latihan. Tersedia di http://pendolahragauntad.blogspot.co.id/2017/04/komponen-komponen-latihan.html. [diakses pada 18 Oktober 2017].
Nawangsasi, D. 2011. Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Dan Kognitif Anak Melalui Senam Irama. Tersedia di http://jurnal.upi.edu/file/5-Devi_Nawang_sasi.pdf. [diakses pada 19 Oktober 2017].
Nurhayati. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Rizkya, N. 2014. Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di TK Al-Fitroh. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7639/10346. [diakses pada 20 Januari 2017].
Utomo, Surtiyo. 2008. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuliansih. 2015. Pengaruh Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Anak Usia 5 Tahun. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/37663/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. [diakses pada pada 30 Oktober 2016].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.