Penggunaan Metode Proyek Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini berlatang belakang pada adanya masalah pada perkembangan kognitif anak pada usia 5-6 tahun di TK Yuridesma Sari Bandar Lampung. Penelitian memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode proyek terhadap perkembangan kognitif anak. Metode penelitian ini menggunakan pre-eksperimental dengan treatment by subject. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi sederhana. Kesimpulan yang diperoleh ada pengaruh penggunaan metode proyek terhadap perkembangan kontif anak di TK Yuridesma Sari Bandar Lampung.
Kata Kunci : anak usia dini, metode proyek, perkembangan kognitif
References
Dewey, J. 1964. How We Think, A Restatement of the Relation of Reflective Thingking to the Education Process. Chicago : Henry Regne
Diana. 2015. Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Proyek Pada Anak Usia Dini. E-Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Lampung,1(1). Tersedia di http://digilib.unila.ac.id/11903/. [diakses pada 16 Oktober 2017].
Irianti. O. Y. Jurnal. Pengaruh Penggunaan Metode Proyek Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok B.e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2). Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/viewFile/12606/7910. [diakses pada tanggal 14 Oktober 2017].
Nurjana, Atika. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Proyek Dalam Pengenalan Sains Terhadap Perkembangan Kemampuan Kognitif. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Surabaya : Surabaya, Tersedia di http://eprints.uny.ac.id/10432/1/atika.pdf. [diakses pada 17 Oktober 2017].
Fediana. 2014. Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini. Jurnal, UPI: Bandung. Tersedia di http://repository.upi.edu/16410/. [diakses pada 28 September 2017].
Tanti Dewi. 2016. Penggunaan Metode Proyek terhadap Pengembangan Kreativitas dalam Menyelesaikan Masalah. Universitas : Lampung. Tersedia di http://digilib.unila.ac.id/23146/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf, [diakses pada 16 Oktober 2017].
Majid. M. Al- ali. 2009. The Effect of The Project Method The Development Of Creative Thinking Critical Thinking And Emotional Intelegence Among Secondary School Student in The State of Kuwait. Tersedia di http://search.shamaa.org/PDF/Articles/EGJes/JesVol22No1P1Y2014/8JesVol22No1P1Y2014.pdf. [diakses pada 10 Oktober 2017].
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rachmahana. R. S. 2008. Jurnal. Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan. UII: Jogyakarta. Tersedia di www.jurnal.uii.ac.id. [diakses pada tanggal 20 September 2017].
Rachmawati, dkk. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik.Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Rizqyani, Revina. Jurnal. Penggunaan Metodode Proyek Terhadap Meningkatkan Kreatfitas Anak. Universitas Lampung. Lampung. Tersedia di http://download.portalgaruda.org/article.php?article=327874&val=1555&title=PENGGUNAAN%20METODE%20PROYEK%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KREATIVITAS%20ANAK [diakses pada tanggal 16 Oktober 2017].
Susanto. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Thomas, Ellen, Megan, Elizabeth & Linda. 1993. Models Of Problem Solving:A Study Of Kindergarten Children Problem Solving Processes.Journal for Research in Mathematics Education. Tersedia di https://www.jstor.org/stable/749152. [diakses pada 27 Maret 2017].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.