Bermain A Trip To Fantasy Island dan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan
Abstract
Masalah penelitian ini adalah sebagian besar anak masih belum mampu mengenal lambang bilangan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain a trip to fantasy island terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-eksperimental design. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung usia 5-6 tahun sebanyak 18 siswa. Metode pengumpulan data digunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh antara bermain a trip to fantasy island terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan. Oleh karena itu pembelajaran harus dilakukan melalui kegiatan bermain.
Kata kunci: anak usia dini, bermain a trip to fantasy island, mengenal lambang bilangan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Charlesworth, R & Leali, S.A. 2012. Using Problem Solving to Assess Young Childrens Mathematics Knowleage. Early Childhood Education Journal. diakses 29 September 2017.
Constantina, E.L & Rachma H. 2016. Pengaruh Permainan Maze Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A. Universitas Negeri Surabaya (Online). Tersedia di http://www.jurnalmahasiswa.unesa.ac.id di akses 11 September 2017.
Patmonodewo, S. (2008). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Suwarsono. 2002. Teori-Teori Perkembangan Kognitif dan Proses Pembelajaran yang Relevan Untuk Pembelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS).
Tedjasaputra, S.M. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Wida, R. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Tata Angka Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paud Tambusai, (Online). Volume2, No.2. Tersedia di http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/jo. diakses 11 September 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.