Aktivitas Permainan Kartu Huruf Bergambar Meningkatkan Perkembangan Keaksaraan Anak
Abstract
Problem in this research was the low literacy development in children group B at TK Negeri Pembina Bandar Lampung. This research aims to determine the effect of card game activity on the literacy development of children group B. The population is all student of B4 group aged 5-6 years at TK Negeri which amounted to 20 children. The sample in technique was used saturated sampling. Data were collected by observation and documentation. The technique of analysis data were used cross table analysis and linear regression test analysis. The result of this research showed there is an effect between card game activity with literacy development children before being given the card game and after being given the activity of card game to literacy development of children.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan keaksaraan pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh aktivitas permainan kartu huruf bergambar terhadap perkembangan keaksaraan anak usia kelompok B. Populasinya adalah semua siswa kelompok B4 yang berusia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Bandar Lampung yang berjumlah 20 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tabel silang dan analisis uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara aktivitas kartu huruf bergambar dengan perkembangan keaksaraan anak sebelum diberi aktivitas permainan kartu huruf bergambar dan sesudah diberi aktivitas permainan kartu huruf bergambar dan ada pengaruh aktivitas permainan kartu huruf bergambar terhadap perkembangan keaksaraan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017.
Kata Kunci: anak usia dini, kartu huruf bergambar, perkembangan keaksaraan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja.
DepDikNas. 2007. Persiapan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Permainan. Jakarta: Depdiknas.
Eickmann, S. 2003. Improved literacy development through the letter card media in northeastern Brazil. Development of Child Medicine & Neurology. Journal NAEYC.[Online]. Volume 20. No. 3.Tersedia di Journal of Developmental Neuropsychology, 45:536541. (https://eppi.ioe.ac.uk/cms/Portals/0/PDF%20reviews%20and%20summaries/ECD%202014%20Rao%20evidence%20brief.pdf?ver=2014-11-24-105457-973). diakses 8 Oktober 2017.
Goodson, B., & Layzer, C. (2009). Early Beginnings. Early Literacy Knowledge and Instruction A Guide for Early Childhood Administrators and Professional Development Providers. http://doi.org/10.1186/1478-811X-8-16. Diunduh tanggal 28 maret 2015.
Lanigan, J.2014. Physical Activity for Young Children: A Quantitative Study of Child Care Providers Knowledge, Attitudes, and Health Promotion Practices, Vol. 42 Issue 1, p11(Online).Tersedia di https://www.deepdyve.com/lp/springer-journals/physical-activity-for-young-children-a-quantitative-study-of-child-8c2y0emYhJ. Diakses 28 Februari 2017.
Luthfi. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Melalui Metode Mind Mapping Pada Anak Kelompok B Tk Islam Bakti IX Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.UniversitasSebelasMaret. Surakarta. http://download.portalgaruda.org/article.php.pdf. Diunduh tanggal 20-12-2016.
Kuswati, W. 2015. Meningkatkan kemampuan keaksaraan melalui media kartu huruf pada anak kelompok A. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya. https://www.unesa.ac.id/alumni/data/s1-pendidikan-guru-anak-usia-dini/wiwik-kuswati.pdf. Diunduh tanggal 20-12-2016.
Montolalu. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Purwadi, J. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Tebak Huruf dan Tebak Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Pino Raya. FKIP Universitas Bengkulu. Bengkulu.http://digilib.unila.ac.id/22368/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf. Diunduh 20-12-2016.
Seefeldt, C.& Wasik, B.A.. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Sujiono, Y.N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional Bab 1, pasal 1,butir 14. Jakarta: Depdiknas.
Wendi. K. 2011. Upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui penggunaan media kartu huruf bergambar penelitian tindakan kelas dikelompok A Raffathuridhlo Cihiddeung Kota Tasikmalaya. http://eljibirin.wordpress.com.pdf. Diunduh tanggal 12 Februari 2017.
Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Yulinar. 2012. Peningkatan kemampuan membaca anak melalui kartu kata bergambar taman kanak-kanak pasaman barat. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=100871&val=1492.pdf. Diunduh tanggal 10 Oktober 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.