Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT)
Abstract
This study aimed to describe the learning by using the Beyond Centers and Circle Time (BCCT) approach in Alam Kreasi Edukasi kindergarden. This research used qualitative type. Techniques of collecting data through interviews, observation, and documentation. Data validity used triangulation with different sources and methods. The results showed that the preparation of learning is very good, the implementation of good learning, and evaluation of learning is good enough. Kindergarden strength was a very good planning RPPH while the weakness is the main activities performed do not always use all three types of play.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di TK Alam Kreasi Edukasi. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan berbagai sumber dan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran sangat baik, pelaksanaan pembelajaran baik, dan evaluasi pembelajaran cukup baik. Kekuatan TK ialah perencanaan RPPH yang sangat baik sedangkan kelemahannya yaitu kegiatan main yang dilakukan tidak selalu menggunakan ketiga jenis main.
Kata kunci: anak usia dini, pendekatan BCCT, taman kanak-kanak
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan Beond Centers and Circle Time (BCCT). (Pendekatan Sentra dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati, J. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Fitria, E. 2014. Penerapan Model Beyond Centers and Circle Time SD Kelas Satu. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/download/241/219. [diakses pada tanggal 08 November 2016].
Haenilah, E. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD.Yogyakarta: Media Akademi.
Jamaris, M. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Lestarini. 2013. Penerapan Model Beyond Centers and Circle Time (BCCT) Untuk Meningkatkan Minat Dan Aktivitas Belajar Anak Kelompok B TK Bumi Gora BPKBM NTB. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja. (http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view/772) [diakses pada tanggal 22 Januari 2017].
Luluk, A. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD.Bandung:Rosda.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Samad, F. & Bujuna. 2016. Implementasi Metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam Upaya Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Khalifah Kota Ternate. Universitas Khairun Ternate. Ternate. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/135 [diakses pada tanggal 22 Januari 2017].
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi (BiPA).
Wahyuningsih, D. & Slamet. 2015. Implementasi Kearifan Lokal Melalui Model BCCT Untuk Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/4840) [diakses pada tanggal 22 Januari 2017].
Wulandari, D. 2015. Evaluasi Penerapan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) pada Pembelajaran Kelompok B TK An-Nuur Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/viewFile/314/286) [diakses pada tanggal 12 November 2016].
Yanuarita, F. 2014. Rahasia Otak & Kecerdasan Anak.Yogyakarta:Teranova Books.
Yusuf, M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.