Tarian Papua: Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas tarian terhadap kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Latifah 2 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Metode penelitian bersifat Pre-Eksperimental menggunakan jenis One-Shot Case Study. Sampel penelitian berjumlah 15 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara tarian terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun sebesar 70,5%.
Kata kunci: anak usia dini, motorik kasar, tarian anakFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daryanto, T. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.
Hasanah, U. 2015. Penggunaan Gerakan Tari Kreasi Terhadap Perkembangan Gerak Dasar Anak. Universitas Negeri Lampung. (Online), (http://e-jurnal.com/2015/2016/penggunaan-gerakan-tari-kreasi-terhadap.html?m=1), diakses 8 Desember 2016.
Hidayat. 2005. Wawasan Seni Tari. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hidayati, M. 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. (Skripsi) Universitas Negeri Jakarta. (Online), (http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/download/113/113), diakses 8 Desember 2016.
Idrawati. 2012. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Tari Kreasi Di Taman Kanak-Kanak Melati Kabupaten Solok Selatan. Universitas Negeri Padang. (Online). Tersedia di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud. (diakses 18 November 2016).
Jamaris, M. 2013. Dasar Aktivitas Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia.
Manzilatur, A. 2013. Peran Kegiatan Tari Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di TK Muslimat Mazraatul Ulum II Paciran Lamongan. Universitas Negeri Surabaya. (Online). Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id. (diakses 23 November 2016).
Mulyani, N. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif SPSS. Jakarta: Prenada Media Group.
Upton, P. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.