PEMAHAMAN GURU PAUD TERHADAP PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman guru PAUD terhadap pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman guru tentang pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel penelitian berjumlah 65 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru telah memahami konsep pendekatan saintifik, pemahaman guru tentang prosedur perencanaan pembelajaran pendekatan saintifik dan pemahaman guru tentang prosedur pelaksanaan pembelajaran saintifik.
Kata Kunci: pendekatan saintifik, kurikulum 2013, guru pendidikan anak usia dini
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aryani, M. F. 2014. Studi Kasus Penerapan pendekatan Saintifik pada guru-guru di SMAN 1 Bawang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, (Online). Vol. 3, No 3. Tersedia di https://journal/.unnes.ac.id/sju/index.php/eej/article/view/451. Diakses 7 Juni 2017.
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dakir. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Hadi, S. 2005. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Haenilah. E. Y. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media akademi.
Hamanik. 2014. Implementasi Pembelajaran Saintifik untuk meningkatkan Kreativitas dan Hasil belajar materi kegiatan produksi pada siswa kelas VII D SMPN 1 Winong. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, (Online) Vol. IX, No. 2. Tersedia di https://journal/.unnes.ac.id/nju/index.php/article/view/4887. diakses 7 Juni 2017.
Malo, M. 1986. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Penerbit Karunika.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 146 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Rudiyanto, H. E. 2014. Model Descovery Learning dengan Pendekatan Saintifik bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, (Online). Vol 4, No 01. Tersedia di https://e-journal.ikippgrimadiun,ac,id/index.php/PE/article/vie/305. Diakses 7 Juni 2017.
Rusindrayanti. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik Mapel Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Kurikulum 2013 di DIY. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online). Volume 10, No 1. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9112/pdf. Diakses tanggal 29 Mei 2017.
Sudjiono, A. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakrata: PT Raja Grafindo Persada.
Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Taryanti, T. 2014. Studi Deskriptif Penerapan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Ilmiah berdasarkan Kurikulum 2013. Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Anak, (Online). Vol 2, No 2. http://jurnal.fkip.unia.ac.id/index.php/pgsd/article/view/6086. Diakses tanggal 2 Juni 2017.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.