Aktivitas Permainan Petak Umpet Kata Meningkatkan Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini

Novia Agustin, M. Thoha Jaya, Maman Surahman

Abstract


The problem of the research was children low level literacy development. This research aimed to know the influence of hide and seek games toward children literacy development Group B in Bhakti Kartika kindergarten Pahayu Jaya West Lampung. The research methods were Pre-experimental with One Group Pretest-Posttest designed. Samples technique was simple random sampling with 32 students. Data were collected by observation and documentation. Data were analyzed by using simple linear regression. The results showed that there was an influence of hide and seek games toward children literacy development. Hide and seek games contributed 59,1% to the children literacy development.

Masalah penelitian ini adalah rendahnya perkembangan perkembangan keaksaraan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas permainan petak umpet kata terhadap perkembangan keaksaraan anak kelompok B di TK Bhakti Kartika Pahayu Jaya Lampung Barat. Metode penelitian bersifat Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Grup Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 32 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara aktivitas permainan petak umpet kata terhadap perkembangan keaksaraan pada anak. Permainan petak umpet kata memberikan kontribusi sebanyak 59,1% terhadap perkembangan kekasaraan anak.

Kata Kunci: petak umpet kata, keaksaraan, anak usia dini


References


Budiningsih, A. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hananta & Masudah. 2015. Pengaruh Permainan Petak Umpet Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak. Universitas Negeri Surabaya. (Online), (https://www.scribd.com/doc/261397385/pengaruh-permainan-petak-umpet-terhadap-kemampuan-sosial-emosional-anak), diakses 20 Oktober 2016.

Kuswati & Komalasari. 2015. Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Melalui Media Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok A. Universitas Negeri Surabaya. (Online). Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/11713/baca-artikel. (diakses 5 oktober 2016).

Otto, B. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Ramdani, Hafidah & Sujana. 2015. Perkembangan Keaksaraan Meningkat Melalui Metode Mind Mapping Pada Anak Kelompok B Tk Islam Bakti IX Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Sebelas Maret. (Online). Tersedia di http://jurnal.fkip.uns.ac.id>paud>article>view. (diakses 5 oktober 2016).

Sugiyono.2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sujiono, Y. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Indeks.

_____________.2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats