PERMAINAN PEMBANGUNAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL UKURAN

Wiwik Pratiwi, Een Haenilah, sasmiati sasmiati

Abstract


The Purpose of the research was to determined the effect of constructive play toward children ability the know the size. The method was used assosiative research. Sample in this research were 20 children aged 5-6 years old. The technique sample was used purposived sampling. Data were collected by using observation. The data analyzed by using simple regression linear test. The result showed that there was a significant correlation between constructive play and children ability to know the size.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain pembangunan terhadap kemampuan mengenal ukuran. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian assosiatif. Sampel penelitian ini berjumlah 20 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh bermain pembangunan dengan kemampuan mengenal ukuran.

Kata kunci: penelitian assosiatif, bermain konstruktif, anak usia dini


References


Beaty, J. J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Haylock, D & Cockburn, C.A. 2008. Understanding Early Years Mathematics. London: Paul Chapman Publishing Ltd.

Latif, M, Rita, Z, Zukhairina & Muhammad, A. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Kenedy, L, Tipps & Johnson. 2012. Guiding Childrens Learning of Mathematics. United States of America: Thomson Wadsworth.

Maulidah, N. 2012. Permainan Konstruktif untuk Meningkatkan Kemampuan Multiple Intelegence (Visual-Spasial dan Interpersonal). Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 02 (01): 27-47.

Purwanti, L. F & Masudah. 2014. Peningkatan Kemampuan Kognitif dalam Klasifikasi Bentuk Geometri Melalui Media Balok pada Anak Kelompok A PAUD Putra Harapan Gumeng Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pendidikan Anak,03 (03), 5 hlm.

Smidth, D.P, Rani, J & Vicki, A. 2004. The Object Classification Task for Children (OCTC): a measure of concept generation and mental flexibility in early chilhood. Journal of Developmental Neuropsychology, 26: 385-401.

Sugiyono. 2011. Statistika Deskriptif dan Indukatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tedjasaputra, M. S. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yus, A. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats