STORY TELLING MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

Yulia Indah Firyati, Een Haenilah, sasmiati sasmiati

Abstract


The problem of the research was based on the condition of children oral language development which is still below average. This research aimed to investigated the influence of story telling approach toward children oral language development aged 4-5 in Nurul Amal Kindergarten, Bandar Lampung. The research was used associative methode. There were 30 children respondents participated in this research. Data were collected by using observation. The instrument was used observation sheet with scoring rubric. The data were analyzed by using simple regression linier test. The result showed that there was a significant improvement on children language development aged 4-5 in Nurul Amal Kindergarten, Bandar Lampung through storytelling teaching method.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode story telling terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Amal Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian asosiatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode storry telling terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Amal Bandar Lampung.

Kata kunci: anak usia dini, metode story telling, kemampuan bahasa


References


Aisyah. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Agustina. 2008. Mendongeng Sebagai Energi Bagi Anak. Jakarta: Rumah Ilmu Indonesia.

Aksioma, U. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Taruban Tahun Ajaran 2011 2012. E-Journal Univeritas Muhammadiyah Surakarta Volume 4 11 hlm. [online] Tersedia di http://library.ums.ac.id/?s=upaya+meningkatkan+kemampuan+berkomunikasi+secara+lisan+melalui+metode+sosiodrama. [diakses tanggal 25 Desember 2015].

Beaty, J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Bromley, K.D. 1992. Language Arts. Boston: Allyn Publishing Company

Boltman, A. 2001. Children Story Telling Technology Differences in Ellaboration and Recall. http://itiscer.1st.psu.edo/563253.HTml [diakses tanggal 07 Juni 2016].

Choiriyah, S. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Lisan melalui Metode Bermain Peran pada Anak Kelompok B TKIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. E-Journal Universitas Muhammadiyah Surakarta Volume 6 11 hlm. [online] Tersedia di https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/37504/ [diakses tanggal 07 Juni 2016]

Dhieni, N. dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Hurlock, E.B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Musfiroh, T. 2005. Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Santrock, J. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sarab. 2008. Memilih, Menyalin, dan Menyajikan Cerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Trehearne, M. 2006. Developing Oral Language and Comphrension in Pre Scshool. Journal NAEYC. United State. 29 hlm. [online] Tersedia di www.naeyc.com/journal/jea20052001099 [diakses tanggal 23 Mei 2016].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats