Pengenalan Lambang Bilangan Melalui Permainan Bola
Abstract
The problem in this research was children low ability to recognize symbol of number. This research aimed to determined the influence of a ball game with children symbol of number ability. The method was used associative research. Sample technique was used purposive sampling with the provisions of sample age between 5 and 6 years old. The samples were 26 students. Data were collected by observation. The research instrument was used observation sheet. Data were analyzed by using simple linier regression. The research showed that there were an influences of a ball game toward children symbol of number ability. The ball game could be an alternative to improve children symbol of number
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara permainan bola dengan kemampuan anak mengenal lambang bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan ketentuan usia sampel antara 5-6 tahun. Jumlah sampel penelitian berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan bola terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Permainan bola bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak.
Kata Kunci: anak usia dini, permainan, lambang bilangan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Charlesworth, R. & Leali, S.A. 2012. Using Problem Solving to Assess Young Childrens Mathematics Knowledge. Early Childhood Education Journal. diakses 16 Januari 2017.
Daniel, T. 2009. Developmental Stages of Infants and Children. Journal NAEYC. (online). Volume 20, No.5. Tersedia di wcwpds.wisc.edu/ces/CompleteDevelo mentDetails. diakses 13 Januari 2017.
Eickman, S. 2003. Improved cognitive and motor development in a community-based intervention of psychosocial stimulation in northeast Brazil. Developmental Medicine & Child Neurology. Journal NAEYC. [Online]. Volume 20. No. 3. Tersedia di Journal of Developmental Neuropsychology, 45:536541. (https://eppi.ioe.ac.uk/cms/Portals/0/PDF%20reviews%20and%20summaried/ECD%202014%20Rao%20evidence%20brief.pdf?ver=2014-11-24-105457-973). diakses 24 Februari 2017.
Habsari, Y. 2014. Pengaruh Bermain Bola Warna Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak. Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id/articl. diakses 10 Januari 2016.
Ismail, A. 2007. Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.
Maima, A. Edi R. & Tita M. 2013. Efektivitas Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia di http://kdcibiru.upi.edu/jurnal/index.php/antologipaud/article/view/153/141. diakses 28 Februari 2017.
Rinaldi, J. 2014. Game Edukatif. Jogjakarta: Diva Press.
Rosdiana, L. P. T. 2014. Penerapan Think Pair Share Berbantuan Media Pohon Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak DI TK Anak Negeri. Jurnal Pendidikan Anak. [Online]. Volume 2, No. 1. Tersedia di http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3094. diakses 31 Maret 2017.
Sanjaya, W. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Siregar, S. 2015. Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.
Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: UNJ.
Supartini, I. A. 2016. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak. Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Anak. [Online]. Volume 4, No. 2. Tersedia di http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7794/5324. diakses 30 Maret 2017.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Suyanto, S. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.