AKTIVITAS BERMAIN KONSTRUKTIF TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

Maimunah Maimunah, M. Thoha Jaya, Een Haenilah

Abstract


This research aimed to determine the effect of constructive play activities to increase logical mathematical intelligence of children age 5-6 years. The method used was pre-experimental design with type of one-group prestest-posttest. The location of this research conducted at Tutwuri Handayani kindergarten Bandar Lampung. The respondent of this research consisted of 30 children. The research conducted from Mey 20th untill 28th 2016.Technique of data collection used observation and documentation technique. Instrument used in this research was the observation sheet the form of an assessment rubric. The data analysis technique used simple linear regression test. The result of simple linear regression test showed that there is an effect of constructive play activity to increaselogical mathematical intelligence of children aged 5-6 years.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain konstruktif terhadap peningkatan kecerdasan logis matematis anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan Pre-Experimental Design dengan jenis desain One-Group Prestest-Posttest Design. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di TK Tutwuri Handayani Bandar Lampung. Waktu penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 20 sampai dengan 28 Mei 2016. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh aktivitas bermain konstruktif terhadap peningkatan kecerdasan logis matematis anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci: anak usia dini, bermain konstruktif, kecerdasan logis matematis


References


Chaterine, L. 2016. International Journal of Early Childhood. NAEYC. Volume 48, No 2. [Online]. Tersedia di ink.springer.com/journal/13158. [diakses 29 Agustus 2016].

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Mediana, F. 2014. Implementasi Bermain Konstruktif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial. Bengkulu: Shandy Putra Terlkom. (http:///repositori.unib.ac.id-I,II,III,II-14) [diakses 4 Agustus 2016].

Musfiroh, T. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Raswati, D. 2015. Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Harta Karun. Bandung: Insani Kecamatan Gedebage. (http:///kd-cibiru.upi.edu-article). [diakses 5 Agustus 2016].

Sujiono, Y. N. 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas terbuka.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Suyanto, S. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tadkiroatun, M. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yus, A. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats