PERSEPSI GURU DALAM MENGELOLA RUANG KELAS PAUD
Abstract
The research purpose was to describe the perception of preschools teacher in classroom management. The research was used descriptive method. Sample in this research were 42 preschools teacher with syistematic sampling technique. Data were collected by using questionnaire and documentation. Data was analyzed by using descriptive quantitative percentage. Result showed that preschools teacher perception was suitable by 62%. It is suggested that teacher should be able to manage the classroom which suitable with the needs and characteristics of early childhood.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru PAUD dalam mengelola ruang kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 2-9 Maret tahun 2016. Sampel penelitian ini berjumlah 42 guru PAUD dengan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan systematic sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru PAUD dalam mengelola ruang kelas cukup baik yaitu sebesar 62%. Oleh sebab itu, diharapkan guru mampu mengelola ruang kelas yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini.
Kata Kunci: persepsi guru, pengelolaan kelas, pendidikan anak usia dini.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adeyemo. 2012. The Relationship Between Effective Clasroom Management and Students Academis Achievement. European Juornal of Education Studies: Nigeria. Volume 4 (3). 15 hlm. Tersedia di www.ozelacademy.com. (diakses 28 April 2016).
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharuddin & Wahyuni, N. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Baker. 2015. Teacher Perceptions of Preschooles Academic Skills. Journal of Educational Psychology. Tersedia di www.psycanet.apa.org (diakses 28 April 2016).
Cerit, Y. 2015. Teachers Perceptions of Classroom Management Orientations in Turkish and Latvia Contexts: A Comparative Study. Journal of Educational and Instructional Studies in the World: Turkey. Volume 5. 10 hlm. Tersedia di www.ijonte.org (diakses 28 April 2016).
Daryanto. 2015. Pengelolaan Kelas dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Fitroni, M. R. 2011. Studi Analisis Tentang Kompetensi Guru dalam Pengelolaan Kelas di TK Taqwal Illah Meteseh Tembalang Semarang. IAIN Wali Songo.Tersedia di www.academia.edu (diakses 21 Desember 2015).
Fay, J & Funk, D. 1995. Teaching with Love. Taking Control of the Classroom. UK: Love and Logic Press
Maryana R., Nugraha, A., Rachmawati,Y. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar.Jakarta: Kencana Prenada Group
Masyhuri & Zainuddin. 2008. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: Refika Aditama.
Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Panduan Lengkap dan Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press.
Semiawan, C. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar). Jakarta: PT. Prenhallindo.
Solso, R. L., Maclin, O.H., Maclin, M. K.2008. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.
Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Yamin, M. & Jamilah, S.S. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD. Jakarta: GP Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.